People Innovation Excellence
 

Angular JS

Angular merupakan sebuah front-end framework javascript yang memungkinkan untuk membuat reaktif Single Page Aplication (SPA). Single Page Aplication yaitu aplikasi yang berjalan hanya pada satu halaman, tidak membutuhkan reload page meskipun terlihat di url saat perpindahan halaman. Angular JS sendiri merupakan framework javascript open source yang dikelolah oleh google. Angular JS bukan berupa libary melainkan framwork yang solid. Sama seperti framwork lainnya. Angular JS memiliki onsep MVC (Model, View, Control) meskipun dengan cara yang berbeda.

Berikut beberapa fitur – fitur yang dimiliki oleh Angular JS :

  1. Data binding– Sinkronisasi data seraca otomatis antara komponen model dan view.
  2. Scope − Merupakan obyek yang mengacu pada model. Scope bertindak sebagai lem antara controller dan View.
  3. Controller− Merupaan fungsi JavaScript yang terikat pada lingkup tertentu.
  4. Services − AngularJS datang dengan beberapa built-in services misalnya $http untuk membuat XMLHttpRequests. Ini adalah objek tunggal yang dipakai hanya sekali di aplikasi.
  5. Filter− Pilihan subset dari item dari array dan mengembalikan array baru.
  6. Directives − Adalah tanda-tanda pada elemen DOM (seperti elemen, atribut, css, dan lain – lain). Ini dapat digunakan untuk membuat kustom tag HTML yang berfungsi sebagai widget baru, kustom. AngularJS memiliki built-in arahan.
  7. Templates− Adalah View yang diberikan dengan informasi dari controller dan model. Terdapat beberapa view dalam satu halaman, menggunakan “parsial” atau file tunggal (seperti index.html).
  8. Routing–  Merupajan konsep View switching.
  9. Model View MVC adalah pola desain untuk membagi aplikasi menjadi bagian yang berbeda (disebut Model, View dan Controller), masing-masing dengan tanggung jawab yang berbeda. AngularJS tidak melaksanakan MVC dalam arti tradisional, tetapi agak sesuatu lebih dekat ke MVVM(Model-View-ViewModel).
  10. Deep Linking− Deep menungkinkan  menghubungkan Anda untuk menyandikan keadaan aplikasi dalam URL sehingga ia dapat bookmarked. Aplikasi kemudian dapat dikembalikan dari URL ke negara yang sama.
  11. Dependency Injection− AngularJS memiliki built-in ketergantungan injeksi subsistem yang membantu pengembang dengan membuat aplikasi lebih mudah untuk mengembangkan, memahami, dan menguji.

Setiap framework pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing – masing, berikut keunggulan dan kekurangan Angular JS:

Keunggulan

  • AngularJS menyediakan kemampuan untuk membuat satu halaman aplikasi dengan cara yang sangat bersih / clean dan maintainable .
  • AngularJS menyediakan kemampuan mengikat data ke HTML sehingga memberikan pengguna pengalaman yang kaya dan responsif
  • Kode AngularJS merupakan unit yang telah teruji.
  • AngularJS menggunakan injeksi ketergantungan dan membuat penggunaan keprihatinan pemisahan.
  • AngularJS menyediakan komponen yang dapat digunakan kembali.
  • Dengan AngularJS, pengembang dapat menulis lebih sedikit kode dan mendapatkan lebih banyak fungsi.
  • Dalam AngularJS, murni halaman View html, dan ditulis dalam JavaScript controller melakukan proses bisnis.

Kekurangan

  • Tidak aman menjadi JavaScript hanya sebagai framework, aplikasi yang ditulis dalam AngularJS tidak aman. Sisi server otentikasi dan otorisasi adalah keharusan untuk mengamankan aplikasi.
  • Tidak Degradable – jika pengguna aplikasi Anda menonaktifkan JavaScript, maka pengguna hanya akan melihat halaman dasar dan tidak lebih.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close