People Innovation Excellence
 

Bug Tracking System

    Bug dapat diartikan sebagai kesalahan dalam kode produk. Bug dapat proses yang salah dari sistem atau software yang  sedang dikembangkan. Maka dari itu, Bug harus dideteksi sebelum produk akhir diberikan kepada user. Tim developer biasanya mengaitkan pelacakan Bug dengan proses pengujian.

       Beberapa metodologi pembuatan software (ex: Waterfall tradisional), memiliki tahapan khusus di setiap proyek ketika tes dilakukan. Pada metodologi ini, biasanya Bug akan di cek pada tahap akhir/product realization. Hal ini menyebabkan kekacauan pada saat tracking Bug karena sangat sulit untuk menemukan dan mengidentifikasi asal/letak Bug yang sebenarnya, sementara produk sudah hampir jadi.

       Selain itu, terdapat, metodologi terkini yaitu agile methodology. Metodologi ini menerapkan tracking Bug sejak awal hingga terjadinya produk yang mungkin dilakukan pertahapan dalam mengembangkan sistem/aplikasi. Jadi, ketika ada kesalahan pada masing-masing tahapan, developer lebih mudah mengetahuinya dan bisa langsung diperbaiki sebelum lanjut ke tahapan selanjutnya.

       Bug Tracking System (Defect Tracking System) merupakan sistem, program atau aplikasi yang memudahkan proses melacak kesalahan pada sistem sehingga memungkinkan anggota tim proyek untuk melaporkan, mengelola, dan menganalisa laporan kesalahan (Bug report). Komponen utama dari sistem pelacakan Bug adalah database yang mencatat fakta mengenai BugBug yang terjadi. Fakta-fakta tersebut dapat berupa waktu terjadinya Bug, tingkat keparahan Bug, perilaku program yang salah, detail terjadinya Bug dan identitas orang yang melaporkan Bug.

       Pada umumnya, Bug Tracking System harus memungkinkan administrator untuk mengonfigurasikan izin pelacakan Bug, mengganti status Bug serta menghapus Bug. Beberapa sistem bahkan akan mengirimkan e-mail kepada pihak yang berkepentingan seperti programmer yang ditugaskan, ketika terjadi penambahan catatan baru menegani Bug atau perubahan status Bug. Pelacakan Bug adalah tahap penting dalam software testing. Biasanya, Bug dilacak dengan bantuan perangkat lunak khusus. Ada banyak aplikasi seperti itu dalam industri perangkat lunak modern. Software tersebut dirancang untuk memudahkan pekerjaan para software developer.

Berikut merupakan keuntungan Bug Tracking System, yaitu:

  1. Memberikan gambaran umum yang jelas tentang perkembangan Bug (mulai terjadinya Bug hingga perbaikannya atau perubahan status Bug).
  2. Memberikan masukan yang berguna untuk menentukan product road map dan mengetahui efek Bug pada sistem.
  3. Memantau dan membantu proses perbaikan dapat berdasarkan prioritas (disebut juga sebagai backlog) Bug yang ada dapat diperbaiki secepat mungkin sesuai dengan prioritasnya.
  4. Dapat mengelola Bug di seluruh siklusnya.
  5. Menghasilkan laporan awal sampai ke penyelesaian akhir Bug serta produktivitas programmer dalam memperbaiki Bug.

       A local Bug tracker (LBT) adalah program komputer yang digunakan oleh para tim profesional pendukung aplikasi untuk melacak informasi yang spesifik mengenai bug dalam bahasa mereka sendiri (own language) bukan berdasarkan language of the developers.

Hubungan Bug tracking database dan Bug tracking system

Bug Tracking Database merupakan sebuah database dari Bug tracking system yang digunakan untuk melihat pola dan menyediakan informasi yang lebih detil tentang Bug. Bug Tracking Database memberikan informasi baru bagi developer, tester, dan manager. Bug Tracking Databases yang dirancang dengan baik akan memberikan gambaran histori yang dapat digunakan sebagai referensi di kemudian hari serta menjadi sumber informasi bagi support department. Keuntungan dari adanya Bug Tracking Database, yaitu :

  1. Mengkomunikasikan Bug dengan jelas. Laporan kesalahan yang ditulis dengan bai sesuai standar akan menjelaskan suatu masalah Iebih baik daripada menggunakan email atau catatan biasa.
  2. Memudahan pemantauan dan pencarian Bug yang pernah terjadi dengan melakukan penomoran Bug secara otomatis.

Referensi:

https://hygger.io/blog/what-is-a-bug-tracking-system/

https://en.wikipedia.org/wiki/Bug_tracking_system

https://www.techopedia.com/definition/25910/bug-tracking


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close