School of Information Systems

Mengenal jenis-jenis SAP

SAP (System Application and Product in data Processing) merupakan sebuah aplikasi ERP (Enterprise Resources Planning), yaitu suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif dan meruapakan aplikasi terbesar di dunia dan begitu juga di Indonesia.

Banyak perusahaan di Indonesia yang sudah mengaplikasikan SAP untuk menjalankan proses bisnisnya. Hal ini dikarenakan dengan mengaplikasikan SAP, perusahaan dapat memiliki beberapa keuntungan seperti meningkatkan kecepatan (The Speed) dari proses bisnis, meningkatkan kosistensi (The Consistency) dari proses bisnis, dan Meningkatkan kualitas (The Quality) dari proses bisnis.

SAP sendiri juga ada beberapa jenis, yaitu:

  • SAP Business Suite atau yang lebih dikenal dengan nama R/3

merupakan produk utama dan pertama dari SAP. Sudah memiliki ratusan pelanggan pengguna yang merupakan korporasi di seluruh dunia. Jenis ini merupakan full customise system (program secara penuh disusun disesuaikan dengan keinginan pelanggan atau calon pengguna, di sini menggunakan bahasa pemrograman sendiri (ABAP). SAP Business Suite membantu perusahaan mencapai proses yang lebih baik, biaya yang lebih rendah, dan membantu organisasi mengelola proses yang paling penting pada bisnis. Dan membentuk sebuah sistem yang terintegrasi yang memberikan nilai tambah pada setiap segi organisasi dan rantai nilai eksternal suatu organisasi. SAP Business Suite dapat dikatakan sebagai bussines solution untuk kelas small bussines dan dapat di implementasikan dalam waktu yang relatif singkat.

  • SAP All-in-One, atau A1 (SAP IS)

merupakan turunan dari R/3 yang sudah memiliki best practice dari industri vertical tertentu (mis: trading, distribusi, manufacture, building management, dll.). Mirip dengan SAP Business Suite, jenis SAP yang ini merupakan full customise system, akan tetapi sudah ada rangka best practicenya dan bahasa pemrogramannya menggunakan ABAP. SAP A1 ini diperuntukkan bagi perusahaan skala menengah, besar.

  • SAP Business One atau B1, merupakan produk paling ekonomis dari SAP.
  • merupakan produk paling ekonomis dari SAP. Dengan modul yang dapat dipergunakan disemua jenis perusahaan, B1  memiliki keunggulan dengan adanya fondasi yang kuat, didukung oleh flexibilitas untuk mengikuti business proses dari customer yaitu dengan menggunakan Add On modul. Waktu implementasinya  mulai 3-6 bulan, B1 diperuntukkan bagi perusahaan skala kecil, menengah.

References
Exousia-consulting.blogspot.co.id. (2018). Mengenal Jenis-Jenis SAP ….. [online] Available at: http://exousia-consulting.blogspot.co.id/2010/12/mengenal-jenis-jenis-sap.html [Accessed 22 May 2018].
Dedi Kurnia’s IT & Science Blog. (2018). Apa itu SAP?. [online] Available at: https://dedikurnia.wordpress.com/2009/07/09/apa-itu-sap/ [Accessed 22 May 2018].

Jennifer Alexandra