People Innovation Excellence
 

FRAMEWORK STRATEGI E-BUSINESS: BAGIAN I

FRAMEWORK STRATEGI E-BUSINESS: BAGIAN 

Perkembangan teknologi informasi memicu peningkatan pada sektor e-business. Dalam pengaplikasian dalam dunia sebenarnya, nyatanya strategi e-business sangat kompleks. Untuk membantu dalam mendefinisikan strategi e-business, Jelassi & Enders (2004) memformulasikan pertanyaan atas framework strategi e-business (Jelassi & Enders, 2004):

  1. Di manakah area kompetisi perusahaan?
  2. Jenis value apa yang ingin dibuat oleh perusahaan?
  3. Bagaimana seharusnya perusahaan mengelola perusahaan untuk menyampaika value yang diinginkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terdapat tiga area yang berhubungan yang mempengaruhi strategi e-business pada setiap perusahaan, yaitu lingkungan eksternal perusahaan, penciptaan value, dan organisasi internal perusahaan.

Sehingga, framework strategi e-business menurut Jelassi & Enders (2004) dapat digambarkan sebagai berikut:

Pada bagian ini, akan dibahas tentang lingkungan eksternal perusahaan yang mempengaruhi strategi e-business suatu perusahaan, khsususnya pada pertimbangan tren dalam cakupan makro.

Mempertimbangkan Tren dalam Cakupan Makro

Lingkungan makro membawa peran penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Tren dalam lingkungan makro dapat membawa peluang maupun ancaman bagi perusahaan. Sehingga, mempertimbangkan tren dalam cakupan atau lingkungan makro merupakan hal penting untuk menentukan keberlangsungan suatu perusahaan tersebut dalam mengambil peluang dan menghadapi tantangan, yang meliputi:

  • Keadaan politik dan hukum yang berlaku

Keadaan politik dan hukum yang berlaku berhubungan dengan permasalahan pada level-level organisasi, seperti pembayaran pajak, pemberlakuan kebijakan perusahaan, dan strategi permainan dalam pasar. Keadaan politik dan hukum yang berlaku tidaklah stabil pada suatu negara di mana perusahaan berada. Berbagai kebijakan pemerintah suatu negara dapat mempengaruhi perjalanan bisnis suatu perusahaan. Sehingga, strategi yang hendak diterapkan dalam konteks e-business harus turut mengikuti regulasi pemerintah yang berlaku.

  • Keadaan ekonomi

Keadaan ekonomi merujuk pada perkembangan ekonomi suatu negara di mana perusahaan berada. Faktor penting dalam keadaan ekonomi yang berpengaruh dalam keadaan ekonomi suatu negara adalah perkembangan saham, nilai tukar mata uang suatu negara, dan tingkat perekonomian. Hubungan antara keadaan ekonomi dengan strategi e-business adalah bahwa setiap perusahaan harus memperhatikan keadaan ekonomi masyarakat dalam merespon pasar, seperti menentukan harga atau menempatkan posisi yang strategis sesuai dengan keinginan dan permintaan pasar.

  • Keadaan sosial

Keadaan sosial merujuk pada faktor demografis, distribusi pendapatan antara kelas sosial, mobilitas masyarakat, dan perbedaan sikap antarmasyarakat. Keadaan sosial dipicu oleh pengembangan sosial yang berusaha diwujudkan oleh masyarakat suatu negara. Contoh, negara dengan masyarakat berpendidikan tinggi lebih cenderung stabil dalam keadaan sosial dan berorientasi untuk menciptakan value dalam hidup dan penciptaan keuntungan secara pribadi. Sehingga, hubungan antara strategi e-business dengan keadaan sosial adalah bahwa strategi e-business harus menyasar dengan jelas pelanggan yang dijadikan target pasar sesuai dengan keadaan demografis, distribusi pendapatan, dan indikator keadaan sosial lainnya.

  • Peran teknologi

Peran teknologi memegang peran penting dalam strategi e-business perusahaan dalam suatu negara. Keberadaan infrastruktur seperti internet dan perangkat wireless memicu terbukanya peluang pasar yang baru. Adaptasi teknologi dan penerimaan teknologi suatu masyarakat dalam suatu negara juga merupakan faktor sukses atau tidaknya suatu strategi e-business karena apabila masyarakat belum siap dengan perkembangan teknologi, maka penyesuaian strategi harus dilakukan.

Referensi:

Jelassi, T., & Enders, A. (2004). Strategy for E-business: Creating Value through Electronic and Mobile Commerce. England: Pearson Education Limited.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close