School of Information Systems

5 Cara Untuk Berhemat

5 Cara mudah dalam menghemat keuangan anda

Wah besok gajian nih, namun tidak sampai seminggu gaji kamu sudah hamper habis. Kamu sendiri bingun gaji kamu habis untuk apa. Terus kapan waktunya menabung? Nah simak 5 tips mudah dalam artikel ini untuk membantu kamu dalam menghemat keuangan mu.

  1. Yuk Bersedekah

Menghemat bukan berarti kamu berhenti bersedekah ya guys! Bersedekah banyak sekali manfaatnya selain kamu belajar untuk mensyukuri apa yang kamu dapat ternyata bersedekah juga membantu kehidupan orang lain, Bersedekah juga tidak akan membuat kamu miskin kok, malah dengan bersedekah InsyAllah tuhan akan membalas sedekah kamu 10 kali lipat dari yang kamu beri. Nah makanya guys jangan lupa sisihkan sebagian gaji kamu untuk bersedekah ya!

  1. Simpan Kartu Kreditmu di dalam lemari

Nah, Jika kamu mempunyai kartu kredit sebaiknya jangan selalu kalian bawa ya ketika berpergian ke tempat tempat belanja, terkadang kartu kredit ini lah yang menjadi beban kalian tiap bulannya ketika telah menerima gaji akan habis seketika untuk membayar tagihan kartu kredit. So, sebaiknya kalian simpan rapat rapat kartu kredit kalian di dalam lemari ya guys!

  1. Hidup Secukupnya

Terkadang hambatan yang paling besar dalam berhemat adalah gaya hidup, berhentilah untuk mengikuti tren tren yang ada saat ini. Cukup jalani hidup kalian sesuai dengan kemampuan kamu tidak usah mengikuti gaya glamour atau gaya hedon teman teman mu, kalau menurutmu kamu tidak sanggup tidak usah malu untuk mengatakannya. Jangan sampai kegengsianmu membuatmu luntang lantang di akhir bulan.

  1. Buatlah rencana pengeluaran bulanan

Agar kamu bisa berhemat dengan teratur ada baiknya kamu membuat satu buku pengeluaran mu tiap bulannya agar kamu bisa mengetahui kebutuhan kamu tiap bulannya. Catat lah kira kira untuk makan kamu akan menghabiskan berapa, untuk hiburan kamu akan menghabiskan berapa. Sehingga pengeluaran kamu jelas tiap bulannya.

  1. Motivasi

Hal ini juga sangat penting dalam berhemat, motivasikan diri kamu tiap hari untuk berhemat. Pikirkan masa depan kamu apa yang ingin kamu capai, apa yang ingin kamu punya di masa mendatang, sehingga itu membantumu dalam melakukan penghematan.

Jadi itulah 5 tips buat kamu untuk berhemat, sekarang mari berniat dan mulai untuk berhemat semangat guys !

Arilla Nurmoslim