People Innovation Excellence
 

Manfaat Utama Jaringan Komputer (Part 1)

Sebuah perusahaan yang sedang berkembang membutuhkan dukungan Teknologi Informasi (TI) dan Sistem Informasi (SI) untuk membantu perusahaan mencapai tujuan strategisnya. TI merupakan bagian daripada SI. Komponen-komponen dari SI adalah perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), basis data (database), jaringan komputer (computer networking), prosedur (procedure) dan manusia (people). Empat komponen pertama SI tersebut merupakan komponen dari TI. Perusahaan harus memanfaatkan seluruh komponen SI tersebut untuk membantu perusahaan meraih keunggulan kompetisi.

Jaringan komputer adalah salah satu solusi TI terpenting yang dapat diterapkan di perusahaan. Artikel “The Main Benefits of Computer Networking in 2017” yang ditulis oleh Inspired Techs menceritakan manfaat utama dari jaringan komputer khususnya di tahun 2017. Jadi apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer hanyalah komputer-komputer yang terhubung. Itu adalah pengertian yang sangat sederhana. Dalam jaringan komputer juga melibatkan banyak peralatan lain yang mendukung kinerja dari sebuah jaringan komputer seperti halnya peralatan hub, router, switch, server dan lain sebagainya. Dengan terhubungnya satu komputer dengan komputer yang lain maka hal ini memungkinkan komputer dalam jaringan saling berbagi data dan sumber daya satu sama lain.

Jaringan komputer menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain. Bahkan pengertian komputer di sini pun sekarang ini semakin luas. Komputer jaman sekarang sudah semakin kecil bentuknya dan dapat digabung atau melekat pada peralatan lain. Dengan adanya jaringan internet maka jaringan komputer akan semakin luas bahkan dapat terhubung dengan jaringan komputer dunia. Jaringan komputer dapat dikonfigurasi oleh ahli TI melalui server pusat. Jika perusahaan menyewa penyedia TI berkualitas, maka perusahaan dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk membantu menentukan pilihan mana yang terbaik untuk kebutuhan perusahaan.

Seperti telah diceritakan di atas, teknologi jaringan terus berkembang sangat pesat. Di masa lalu, jaringan komputer adalah sekumpulan komputer desktop sejenis yang terhubung melalui kabel. Saat ini jaringan komputer jauh lebih fleksibel. Jaringan komputer sekarang juga mencakup sistem koneksi nirkabel (tanpa menggunakan kabel). Ini berarti bahwa perangkat keras yang berbeda dalam perusahaan dapat dibawa dan masih terhubung ke jaringan perusahaan. Contoh yang jelas adalah tablet atau laptop yang mungkin perlu dibawa oleh karyawan perusahaan ke berbagai meja dan rapat.

Jaringan komputer bisa membantu perusahaan berkembang. Solusi jaringan komputer yang baik bisa sangat bermanfaat bagi perusahaan. Ini memungkinkan perusahaan menyimpan data bisnis penting di lokasi terpusat. Hal ini memungkinkan berbagai komputer di jaringan untuk mengambil data penting dari lokasi utama. Selain itu, jaringan komputer memungkinkan perusahaan mengakses data dari komputer lain di jaringan yang sama, dan memodifikasinya sesuai kebutuhan perusahaan.Jaringan komputer memungkinkan karyawan perusahaan untuk berbagi ide dengan lebih mudah dan bekerja lebih efisien.

Sumber: http://www.inspiredtechs.com.au/computer-networking. Diunduh: Kamis, 21 Desember 2017 13:19:02


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close