People Innovation Excellence
 

Berapa Biaya Sesungguhnya Bila Terjadi Downtime Komputer dalam Perusahaan? (Part 1)

informasi sekarang ini merupakan faktor yang sangat penting bagi perusahaan untuk dapat meraih keunggulan kompetitif. Apa yang terjadi bila sistem teknologi informasi di suatu perusahaan mengalami kegagalan atau computer down? Seperti referensi yang ditulis oleh Inspired Techs yang berjudul “What are the Real Costs of Computer Downtime in Business?” memberikan suatu penjelasan yang penting berapa biaya sesungguhnya bila terjadi downtime komputer dalam suatu perusahaan. Berikut beberapa hal yang dijelaskan dalam artikel tersebut.

 Downtime komputer mengacu pada periode waktu ketika komputer atau bagian vital dari sistem teknologi informasi (TI) tidak tersedia. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari pemadaman listrik, kesalahan yang disengaja oleh manusia, kegagalan peralatan atau perangkat keras, kegagalan perangkat lunak, dan lain-lain. Biaya downtime komputer dapat berdampak buruk pada bisnis apa pun. Downtime komputer memiliki dampak negatif pada bisnis dengan berbagai cara. Selain mempengaruhi bottom line perusahaan, hal itu juga dapat memiliki banyak konsekuensi jangka panjang yang luas. Beberapa masalah adalah sebagai berikut ini.

Bagaimana downtime komputer dapat mempengaruhi bisnis perusahaan? Hampir semua bisnis perusahaan bergantung pada komputer setidaknya untuk sebagian pekerjaan yang karyawan perusahaan lakukan. Komputer memainkan peran penting dalam bisnis, bahkan jika jenis bisnisnya tidak berhubungan dengan TI. Downtime komputer tentu memiliki dampak negatif pada bisnis. Efek negatif downtime komputer bisa dirasakan seketika, begitu juga dalam jangka panjang.

Efek jangka pendek dari downtime komputer tidak memiliki dampak keuangan negatif yang bisa dirasakan dengan segera. Efek sesaat sebagian besar dirasakan sebagai kehilangan waktu produktifitas. Kehilangan waktu produktif yang merupakan konsekuensi dari downtime komputer berarti hilangnya keuntungan juga. Hilangnya produktivitas, waktu yang dihabiskan untuk penjadwalan dan perbaikan, dan ketidakmampuan untuk terus melakukan bisnis adalah beberapa efek jangka pendek dari downtime komputer. Efek sesaat dari downtime komputer mungkin tampak sepele karena sifat sementara dari downtime komputer tersebut. Namun, dampak jangka panjangnya terhadap bisnis perusahaan seharusnya tidak bisa dianggap sepele.

Efek jangka panjang dari downtime komputer biasanya memiliki dampak keuangan negatif yang besar pada sebuah bisnis. Dampak ini bisa langsung dan tidak langsung. Apa yang dianggap sebagai biaya jangka pendek dari downtime komputer berpotensi menyebabkan bola salju menjadi masalah terus-menerus yang menandakan hilangnya keuntungan dalam jangka panjang. Stres yang berasal dari downtime komputer dapat mempengaruhi semangat kerja perusahaan, juga reputasi dan citra perusahaan. Beberapa industri bisnis bahkan harus menghadapi sanksi peraturan untuk downtime komputer. Efek jangka panjang dan biaya downtime komputer bisa merugikan bisnis apapun.

Sumber: http://www.inspiredtechs.com.au/what-are-the-real-costs-of-computer- downtime-in-business. Diunduh: Kamis, 21 Desember 2017 13:41:40


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close