School of Information Systems

Urgent.id, Inovasi Digital Anak Bangsa Permudah Service Gadget

Indonesia merupakan salah satu negara yang turut mengalami perkembangan teknologi di zaman yang semakin modern. Para developer pun berlomba mencanangkan platform atau aplikasi mobile untuk membantu memenuhi kebutuhan digital. Salah satu karya anak bangsa, aplikasi mobile bernama Urgent.id. Aplikasi ini merupakan platform pemesanan service untuk perbaikan handphone dan laptop. Indra Gunawan (26), pendiri Urgent.id, mengklaim aplikasi tersebut mampu memberikan pelayanan perbaikan tercepat, bergaransi, dan dikerjakan oleh teknisi terpercaya.

Terdapat delapan jenis elektronik yang bisa diperbaiki melalui Urgent.id yakni smartphone, iPhone, HP Android, laptop, charger laptop, charger Apple, komputer/pc, hingga harddisk. Indra menuturkan, di Indonesia saat ini terdapat 86 juta pengguna smartphone. Indonesia telah menampung 75 kilo ton limbah elektronik, maka sangat disayangkan jika smartphone atau gadget lainnya rusak dan tidak dapat segera diperbaiki.

Bermarkas di Mini Mall, Bandung, Urgent.id sejauh ini sudah meraup 279 konsumen yang telah mengaksesnya melalui Playstore atau langsung di website. Dengan motto ‘cepat menolong’, platform tersebut memberikan tiga jaminan kepada para konsumennya.

“Kita menjanjikan 3 hal. Pertama, kepastian waktu selesai, lalu kepastian biaya, dan kepastian kualitas setelah service. Jangan sampai cepat selesai, tapi baru pakai sebentar sudah rusak lagi,” kata Indra dalam presentasinya di acara Grand Final IWIC 11 di Kantor Pusat PT Indosat Ooredoo.

Indra Gunawan merupakan salah satu kontestan dari ajang kompetisi digital yang diselenggarakan oleh perusahaan telekomunikasi Indonesia, yaitu Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC) ke-11. Acara annual Indosat pada tahun ini mengusung tema ‘Digital Nation’.

Inovasi digital Indra Gunawan merupakan salah satu dari 3.000 karya ide dan aplikasi lainnya dalam 4 kategori, yakni Kids & Teens, Beginner, Professional, dan Women &

Girls. Aplikasi Urgent.id berhasil tembus bersama 24 finalis lainnya, dan menduduki juara pertama pada kategori Beginner. “Untuk ke depannya, dengan IWIC ke-12 dan seterusnya, kita akan terus memfokuskan program-program kita dalam membin bibit-bibit bangsa untuk mengarahkan dan memastikan bahwa kita membangun digital nation untuk Indonesia,” tutur Joy Wahyudi, selaku President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Sumber :

https://techno.okezone.com/read/2017/12/13/207/1829953/urgent-id-inovasi-digital-anak-bangsa-permudah-service-gadget

Sulistyo Heripracoyo