School of Information Systems

Oracle dan NoSQL

Oracle merupakan perusahan perangkat lunak yang bergerak di bidang aplikasi software pengembangan system basis data yang cukup terkenal. Produk yang cukup terkenal adalah produk Oracle RDBMS atau rational database management system. Didalam perkembangannya, pada tanggal 1 maret, Oracle meluncurkan NoSQL Database versi 4.3.

            Oracle NoSQL Database merupakan distributed key-value database yang bertipe NoSQL. NoSQL disini berarti database yang tidak menggunakan relasi antar tabel dan tidak menyimpan data dalam format tabel kaku(kolom yang fix) seperti layaknya relational database. Database jenis ini terdiri dari beberapa jenis berdasarkan penyimpanan datanya yaitu document Database, Graph, Key-Value, Object Database, dan lain-lain.

            Oracle NoSQL termasuk dalam tipe key-value database. Versi tersebut telah berkembang setelah akusisi dari BerkleyDB Java Edition yang merupakan Database yang dapat ditanam(Embeddable Database). Berdasarkan Ashok Joshi selaku Senior Director dari NoSQL, Berkeley Database, dan Database Mobile Server di Oracle, versi 4.3 menawarkan perangkat tambahan penting berupa open source community, Cloud, dan Oracle Enterprise Database Customer.

            Yang pertama adalah Open Source Community. Menurut Joshi, mengingat minat yang cukup tinggi di dalam teknologi NoSQL, membuat NoSQL DB Community Edition merupakan suatu langkah yang sangat tepat dan kini produk tersebut tersebar secara luas untuk berbagai pengguna sehingga mereka dapat memanfaatkan kinerja, skalabilitas, dan transactional Semantic yang ditawarkan untuk aplikasi Open Source, bersama dengan beberapa cases lainnya. Ia menambahkan juga bahwa versi 4.3 NoSQL DB Community Edition telah dilisensi dengan Apache 2.0 yang dapat mengurangi masalah di Client-Server. Dengan demikian, client tidak hanya menggunakan Apache 2.0 tetapi masih menggunakan Apache.

            Yang kedua Adalah Cloud. Oracle telah mempersiapkan berbagai panduan dan script yang dibutuhkan sehingga pengguna dapat lebih mudah dalam menggunakan fitur Infrastructure as Service dari Oracle Cloud dan selanjutnya menginstal NoSQL DB. Didalam penginstalannya, script yang digunakan menggunakan bawaan dari oracle untuk menginstal Oracle Bare Metal Cloud Service Infrastructure sebelum menggunakan layanan cloud dan kemudian pengguna dapat menjalankan NoSQL DB di platform tersebut dengan performa yang sangat tinggi.

Untuk menjangkau Enterprise Customer, versi 4.3 juga dilengkapi dengan NoSQL Basic Edition yang didalamnya sudah termasuk lisensi Oracle Database Enterprise Edition tanpa dipungut biaya dan terhubung dengan Database 11.2 dan seterusnya. Edisi ini dibuat karena pengguna dari NoSQL Di level Enterprise cukup banyak sehingga pelanggan daopat dimanjakan dengan fitur yang ada.

Pada versi ini ditambahkan satu tipe data baru yaitu Native JSON. Model data Oracle pada umumnya untuk NoSQL adalah data model Tabel. Namun, ada satu kolom tambahan yang dapat ditambahkan yang dapat dinyatakan sebagai JSON untuk menyimpan data dengan tipe Native JSON. Selain itu juga ditambahkan bahasa query sederhana yang dapat digunakan untuk meng-query konten JSON dan non-JSON dalam tabel yang sama. Dengan versi ini, Oracle juga menambahkan tipe data tanggal dan user dapat melakukan query didalamnya.

Sumber :

  • http://www.dbta.com/Editorial/News-Flashes/Oracle-Announces-NoSQL-Database-Version-43-116650.aspx
Sulistyo Heripracoyo