People Innovation Excellence
 

Implementasi Oracle pada Beberapa Perusahaan Di Indonesia

Beberapa perusahan di Indonesia telah menerapkan database Oracle dalam operasionalnya. Oracle Database adalah sebuah Sistem Database yang cukup terkenal. Sistem ini telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan terkenal. Di dalam negeri perusahaan yang menggunakan sistem database ini diantaranya adalah : Telkom, Telkomsel, Pertamina, PLN, Lintasarta, dan sebagainya.

 

Fungsi Oracle :

Oracle dikenal hanya sebagai database server untuk internet dan jaringan. Keistimewaan Oracle cukup banyak, yaitu :

  • Client/Server Environment

            Oracle berjalan di jaringan komputer. Oracle memisahkan proses antara database server dan aplikasi client. Server yang terinstall Oracle bertanggung jawab menangani proses database, sementara workstation/client yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data. Struktur ini akan mengurangi kemacetan data.

  • Ukuran database yang besar dan pengaturan space

Oracle mendukung ukuran database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte. Oracle juga mendukung pengaturan penggunaan space di harddisk sehingga ruang harddisk termanfaatkan dengan efisien.

  • Multiuser

Oracle dapat melayani banyak user yang terkoneksi dalam waktu yang sama dan mengakses data yang sama. Dengan fasilitas ini Oracle mampu menghindari konflik data.

  • Connectibility

       Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu jaringan untuk mengakses data.

  • High Transaction Processing Performance

Oracle dapat mengatur sistem agar pemrosesan database berjalan cepat walaupun jumlah transaksi sangat banyak dalam suatu waktu.

  • Availability

Oracle dapat menjalankan database 24 jam sehari tanpa istirahat. Pemisahan sistem komputer dan proses backup dapat dilakukan secara Online tanpa harus mematikan database.

  • Standar industri yang terbuka

Oracle diterima oleh berbagai standar industri untuk mengakses data, sistem operasi, user interface dan protokol jaringan.

  • Manajemen keamanan yang sangat baik

Untuk menghindari akses database dari pihak yang tidak diinginkan, Oracle memiliki fitur untuk membatasi dan memonitor akses data.

  • Database Enforced Integrity

Oracle memiliki kontrol untuk mengendalikan data mana saja yang dapat diterima di database. Anda tidak perlu membuat kode dibanyak aplikasi, cukup di satu database Oracle.

Contoh Penggunaan Oracle Dalam Perusahaan :

            PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), perusahaan transportasi dan distribusi gas terbesar di Indonesia, telah sukses mengimplementasikan Oracle Enterprise Governance, Risk, and Compliance Manager (Oracle Enterprise GRC Manager) dan Oracle Enterprise Governance, Risk, and Compliance Intelligence(Oracle Enterprise GRC Intelligence), yang merupakan bagian dari Oracle Fusion Applications.

            PGN memilih Oracle Enterprise GRC Manager dan Enterprise GRC Intelligence untuk memenuhi persyaratan kepatuhan regulasi, pengelolaan dan pengendalian resiko setelah melakukan tahapan penilaian yang banyak terhadap Oracle Fusion GRC pada bulan Oktober, 2011. Proses implementasi telah selesai dilakukan pada bulan Juni 2012 lalu.

            PGN meyakini bahwa Oracle Fusion GRC mampu memberikan gambaran yang jelas terhadap profil resiko PGN dan mengidentifikasi resiko-resiko yang bersifat kritis dan memungkinkan mendapatkan respons yang cepat dan terkoordinasi.  Selain itu, korban-korban besar dan resiko-resiko operasional dapat di prediksi dengan lebih baik dan dimitigasi dengan menggunakan proses otomatis dalam Oracle Fusion GRC.

“Dalam begitu banyak organisasi, mengumpulkan informasi yang diperlukan dan memperoleh visibilitas yang jelas dari profil risiko merupakan pekerjaan rumit dan mahal,” kata Mr M. Wahid Sutopo, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko, PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. “Dengan menerapkan Oracle Fusion GRC, kita dapat mengelola resiko yang lebih baik karena kita memiliki satu sumber informasi di seluruh perusahaan dan dapat mengotomatisasi proses resiko dan kepatuhan secara real-time.”.

            PGN juga telah mengimplementasikan Oracle Enterprise Performance Management guna mengintegrasikan proses perencanaan keuangan dan operasional dan meningkatkan kemungkinan prediksi.

Oracle memiliki Siebel Contact Center and Service yang menyediakan backbone bagi operasional layanan pelanggan PGN.

            PGN bekerjasama dengan KPMG, anggota tingkat Platinum dari Oracle Partner Network (OPN) untuk proyek ini.  KPMG menyediakan layanan implementasi dan integrasi pada PGN.

Dibangun pada Platform Berbasis Standar untuk Manajemen Resiko dan Kepatuhan

            Oracle Enterprise GRC Manager membantu GRC antar perusahaan, berbasis risiko, analisis, perawatan dan pengambilan keputusan, yang memungkinkan organisasi untuk menanamkan akuntabilitas yang jelas untuk manajemen risiko dan pengendalian di seluruh perusahaan.

Dengan menggabungkan informasi kualitatif dan kuantitatif dalam dashboard dan laporan terpadu, Oracle Enterprise GRC Intelligence memungkinkan para eksekutif dan manajer secara percaya diri mengidentifikasi dan memfokuskan upaya pada resiko-resiko utama dan mengendalikan masalah, termasuk intelligence mengenai konflik kebijakan akses.

“Tantangan terbesar GRC adalah menciptakan suatu pandangan yang terkonsolidasi dalam kepatuhan, resiko dan pengendalian internal,” kata Davian Omas, Country Manager Applications, Oracle Indonesia. Oracle Fusion Governance, Risk and Compliance membantu untuk mengatasi tantangan ini dengan mencegah silo-silo informasi dan tugas berlebihan dan menyediakan penggunaan repositori tunggal terkonsolidasi untuk semua program GRC. Pendekatan terpadu ini membantu PGN menetapkan proses-proses yang mereka akan gunakan untuk menjalankan inisiatif-inisiatif GRC, dan juga meningkatkan kemungkinan prediksi dari hasil bisnis mereka.”

            PGN menggunakan Oracle GRC Manager dan Oracle Enterprise GRC Intelligence dengan Oracle E-Business Suite, dengan merancang arsitektur berbasis standar guna memberikan dukungan pada aplikasi-aplikasi yang non-Oracle dan aplikasi yang telah dipesan sebelumnya di lingkungan multi-vendor yang heterogen.

Referensi  :

https://oracle1st.wordpress.com/download-artikel-tentang-oracle/

http://tbputra28.blogspot.co.id/2015/09/peran-oracle-dalam-sebuah-perusahaan.html

http://programmkomputer.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-database-oracle.html

http://khalishahazzahra.blogspot.co.id/p/oracle.html

http://chip.co.id/news/corporate-press_release/3919/perusahaan_gas_negara_kini_gunakan_oracle_fusion_grc


Published at :
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close