People Innovation Excellence
 

Waspadai 7 Dampak Negatif Kartu Kredit

Dalam setiap hal selalu ada sisi positif dan negatifnya, begitu pula dengan kartu kredit. Meskipun memiliki kartu kredit terlihat menguntungkan, namun ada juga dampak negatif dari produk perbankan ini. Maka itu, kita harus bersikap ekstra hati-hati ketika kita berurusan dengannya. Sudah banyak kisah tentang betapa besarnya dampak negatif yang ditimbulkan dari pemakaiannya. Mulai dari hal yang terlihat sepele hingga yang berbahaya.

Supaya kita bisa hati-hati dengan kartu plastik ini, kita harus mengetahui sebenarnya apa saja dampak negatif dari kartu kredit. Inilah 4 dampak negatif kartu kredit mulai dari yang sepele hingga yang berbahaya.

  1. Kartu Kredit membuat kita tidak sadar kemampuan diri

Segala kemudahan dalam bertransaksi dengan kartu kredit membuat kita seringkali lupa batas keuangan kita. Dengan mudah kita menggesekkan kartu plastik itu tanpa memikirkan berapa banyak uang yang masih kita miliki. Hal ini akan membuat utang kita tertumpuk terus menerus sampai jadi besar dan akhirnya sulit atau bahkan tidak mampu terbayar.

  1. Kartu kredit membuat kita jadi semakin konsumtif

Sifat konsumtif semakin bertambah ketika kita memiliki kartu kredit. Dengan memiliki kartu kredit, kita seringkali tanpa sadar membeli barang atau jasa yang sebenarnya tidak kita butuhkan atau inginkan. Membuat kita merasa kita mampu membeli apa saja, padahal utang mulai melilit. Jangan sampai terjebak ya, pikir dan hitung dulu uang kita sebelum gesek.

 

  1. Kartu kredit membuat kita semakin gemuk

Ketika kita menggunakan uang tunai untuk membeli makanan, kita akan memilih makanan yang sesuai dengan kondisi uang kita. Namun, ketika kita memakai kartu kredit, kita cenderung membeli makanan yang lebih mahal, lebih enak, namun lebih tidak sehat. Hal ini terjadi karena kita tidak melihat kondisi keuangan kita sebenarnya, dan kebanyakan makanan yang enak itu tidak menyehatkan. Setuju?

  1. Kartu kredit membuat kita menjadi boros

Kartu kredit memberikan berbagai promo menarik, salah satunya adalah dengan cara pengumpulan poin rewards yang bisa didapat jika kita melakukan transaksi. Hadiah yang bisa didapatkan dengan poin rewards itu sangat menarik. Karena alasan itu, seringkali kita rela melakukan transaksi yang sebenarnya tidak perlu hanya agar mendapat poin tambahan.

 

  1. Kartu Kredit merusak nama baik kita

Hal ini akan terjadi jika kita memiliki tunggakan tagihan kartu kredit. Dengan adanya tunggakan, bank akan melakukan segala cara agar kita membayarkan tagihan tersebut, termasuk dengan mendatangkan debt collector. Melalui debt collector, bank akan melakukan apa saja supaya bank tidak diragukan, mulai dari meneror ke rumah, hingga penyitaan barang-barang berharga hingga aset pribadi. Ingat ya, jangan sampai lupa bayar tagihan!

  1. Kartu kredit membuat kita mudah ditipu

Belanja online merupakan hal yang nge-trend sekarang, karena mudah dan bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Cara belanja online bisa dilakukan dengan kartu kredit, yaitu dengan memasukkan nomor kartu kredit kita dan barang dapat dibayarkan. Kemudahan ini dapat berdampak negatif ketika kita memberikan nomor rekening kita pada orang yang tidak baik, karena dengan nomor tersebut, orang lain juga bisa melakukan transasksi tanpa sepengetahuan kita. Jadi, hati-hati ketika memberikan informasi kartu kredit kita kepada orang atau website belanja online ya.

  1. Kartu kredit dapat membunuh kita

Sifat kita yang semakin konsumtif dan tidak sadar akan kemampuan keuangan kita akan membuat kita semakin banyak berhutang. Lalu karena hutang itu terlalu besar, kita tidak mampu untuk membayarkannya. Teror dari debt collector mulai berdatangan dan nama baik keluarga tercoreng. Bank melalui debt collector mulai menyita barang hingga aset kita dan akhirnya kita tidak punya apa-apa. Hal ini dapat berujung pada kematian loh! Jangan sampai hal ini kejadian ya, kita harus selalu ingat setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Berani Hutang? Harus Siap Membayar

Setelah mengetahui dampak negatif yang mungkin terjadi jika kita memiliki kartu kredit, kita harus lebih waspada dan berhati-hati ketika melakukan transaksi. Kartu kredit akan memudahkan dan membantu hidup kita jika kita bisa bersikap bijak dan disiplin dalam membayar tagihan. Itulah kunci agar kita bisa menghindari dampak negatif di atas. Ingat selalu, jika berani berhutang, harus siap membayar!


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close