People Innovation Excellence
 

Peran Oracle Pada Sebuah Perusahaan

Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.

Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan oracle sebagai aplikasi pada penyimpanan data mereka. Hal ini dikarena fungsi Oracle. Mereka menyediakan kombinasi tinggi tingkat teknologi dan solusi bisnis yang terintegrasi. Ini adalah sempurna untuk hampir semua perusahaan yang memiliki data dalam jumlah besar untuk menyimpan dan mengakses.

Banyak kelebihan yang diberikan oracle untuk perusahaan yang menjalankan bisnisnya, Salah satu keuntungan menggunakan database Oracle adalah karena pelayanan Oracle dalam melayani kepuasan pelanggan. Sebagai contoh, semua database Oracle yang kompatibel. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meng-upgrade sistem mereka tanpa melakukan perombakan total pada sistem database mereka. Hal ini membuat update menjadi lebih efisien dan rendah biaya. Selain itu, versi terbaru dari database Oracle menyediakan fitur baru sementara untuk menjaga fitur populer dari versi lama. Hal ini memastikan bahwa produk mereka didasarkan pada fungsi pelanggan daripada apa adalah biaya-efektif untuk Oracle.

Kedua yaitu adalah kehandalan mereka. Oracle adalah database yang memberikan kinerja yang sangat baik ketika ditantang dengan tugas-tugas berat. Seperti Tes ASAM, yang merupakan alat penting yang digunakan untuk memastikan integritas data yang tersimpan, dengan mudah disahkan oleh database Oracle. Tes ini penting karena dapat diandalkan penyimpanan data adalah tujuan utama dari database. Dengan demikian, database Oracle telah terbukti memberikan integritas yang tinggi penyimpanan data.

Ketiga yaitu Teknologi Flashback, Database Oracle menggabungkan teknologi Flashback, yang merupakan keuntungan yang signifikan. Dalam suatu hal outage pada aplikasi yang dikarenakan sejumlah alasan, menjadi penting untuk tidak kehilangan data yang tersimpan pada sistem database. Flashback teknologi Oracle memungkinkan untuk pemulihan data yang efisien salah dihapus atau hilang. Dengan demikian, teknologi Flashback dasarnya menghilangkan kesalahan manusia dan meningkatkan waktu pemulihan database. Pada akhirnya, fitur ini memungkinkan untuk menyederhanakan manajemen dan proses administrasi.

Ketiga hal tersebut adalah keuntungan dan keunggulan yang diberikan oleh Oracle kepada perusahaan yang memilikinya, selain ke tiga hal tersebut oracle juga memiliki security data yang aman sehingga data perususahaan tidak mudah keluar. Software ini juga memiliki kemampuan efiensi dan efektifitas perusahaan, terutama dalam mengatasi kesulitan perusahaan akibat krisis ekonomi global. Tidak hanya mampu mengatasi kerumitan dalam proses finansial tapi juga mampu mengefektifkan perawatan pabrik dan perangkatnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Industri di Indonesia berskala menengah yang sudah menggunakan Oracle antara lain adalah Millennium, Pharmacon International Tbk, Lion Super Indo, PT Indomarco Prismatama, dan lainnya. Selain itu perusahaan Bussan Auto Finance (BAF) juga menggunakan Oracle Application karena menurutnya software ini mampu menjawab peningkatan kerumitan dalam proses financial, dan pemberian serta pemenuhan syarat kepatuhan. Sedangkan Darma Henwa, salah satu perusahaan layanan pertambangan terbesar di Indonesia, yang sudah mengimplementasikan Edwards Enterpriseone Asset Management dari Oracle, sukses menjawab tingkat kerumitan dalam proses perawatan pabrik dan perangkatnya sehingga perusahaan tersebut mampu memaksimalkan keuntungan.

Hal ini membuktikan oracle berperan penting pada suatu perusahaan dalam penyimpanan data hingga memaksimalkan keuntungan. Saat ini sudah banyak perusahaan di indonesia yang menggunakan oracle sebagai aplikasi penyimpanan data perusahaan, baik perusahaan menengah maupun perusahaan besar.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Basis_data_Oracle

http://siiragill.blogspot.co.id/2013/01/proposal-penulisan-ilmiah-oracle-untuk.html

http://techno.okezone.com/read/2008/10/14/55/153841/aplikasi-oracle-terbaru-tangani-krisis-perusahaan


Published at :
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close