People Innovation Excellence
 

10 Cara Mudah Mendapat Penghasilan Pasif

Anda bekerja penuh waktu dan ingin mendapatkan pendapatan lebih setiap bulan? Apapun tujuannya, yuk coba untuk mencari pemasukan pasif. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan pedapatan pasif tanpa perlu melakukan usaha lebih dan bisa disesuaikan dengan kemampuan keuangan, pekerjaan, dan gaya hidup Anda. Simak beberapa cara berikut dan mungkin Anda akan tertarik untuk segera melakukan perubahan pengelolaan finansial agar mendapatkan pendapatan pasif.

  1. Gunakan Rewards Kartu Kredit

Hampir semua jenis kartu kredit, terutama yang beredar di Indonesia menawarkan rewards yang menarik bagi para penggunanya. Jika Anda memilik lebih dari satu kartu kredit, maka Anda bisa memanfaatkan rewards berupa promo ataupun cashback. Anda bisa membeli barang yang Anda butuhkan dan mendapatkan diskon ataupun cashback. Cara mendapatkannya, lakukan transaksi dengan nilai tertentu sesuai ketentuan bank, lalu Anda akan mendapatkan poin yang harus dikumpulkan. Jika sudah cukup banyak, tukarkan untuk mendapat berbagai bonus menarik.

  1. Berbelanja Tapi Dibayar

Anda perlu membeli barang secara online? Cobalah situs MyPoints, Swagbucks ataupun Ebates, sehingga Anda bisa mendapatkan persentase rewards. Uniknya, rewards tersebut bisa Anda uangkan dengan gift cards ataupun cek. Menarik bukan?

  1. Maksimalkan Pendapatan Bunga

Hal ini sudah umum dilakukan pada masa sekarang. Simpanlah dana cadangan darurat dan dana simpanan Anda pada bank yang menawarkan suku bunga yang tinggi. Namun, Anda sudah harus memperkirakan kalau tak menggunakan uang tersebut dalam jangka waktu dekat. Produk yang sering digunakan untuk cara ini adalah deposito, tentunya cari yang menawarkan tingkat suku bunganya tinggi.

  1. Searching Dibayar

Gunakan mesin pencari Bing atau Swagbucks untuk browsing internet dan Anda dibayar hanya sekedar melakukaan browsing. Tentunya Anda harus mempelajari cara kerja di mesin pencarian tersebut dan cara mendapatkan bayarannya.

  1. Sewakan Barang Pribadi Anda

Jangan biarkan barang-barang Anda menganggur jika tidak sedang menggunakannya. Caranya adalah dengan disewakan. Ya, sekarang sudah umum untuk menyewakan rumah, mobil, kamera atau barang lainnya untuk mendapatkan uang tunai. Meskipun demikian, kita harus memahami resiko atas barang-barang yang disewakan.

Jika mau aman, kita bisa mengasuransikan barang-barang tersebut. Sehingga jika suatu waktu mengalami kerusakan ataupun hilang, Anda tak perlu merugi banyak. Agar pemasarannya efektif, cobalah untuk memasang iklan secara online di situs besar seperti kaskus atau olx.

  1. Jual Tanaman

Anda memiliki sebidang tanah? Pertimbangkan untuk menanaminya dengan tanaman bunga atau bakal pohon. Lalu, ketika sudah tumbuh, Anda bisa menjualnya kembali. Pilih jenis tanaman yang mudah dirawat sehingga waktu yang ada tak tersita banyak untuk menghasilkan uang pada bidang ini.

  1. Jual Barang Antik

Doyan mengoleksi barang-barang antik? Kalau sudah mulai memenuhi rumah, mungkin Anda bisa mempertimbangkannya untuk dijual agar mendapat uang dalam jumlah yang menarik. Cobalah memasarkannya secara online agar banyak yang melihatnya.

  1. Pasang Iklan di Mobil

Punya mobil yang dikendarai setiap hari di jalan? Barangkali Anda bisa menyewakannya. Bukan untuk dibawa orang lain, melainkan untuk dipasangi iklan. Memang agak aneh, tapi kenapa tidak jika hal itu bisa memberikan uang tambahan bulanan?

  1. Investasi Saham

Belilah saham pada perusahaan yang membagikaan dividen setiap tahun. Namun Anda harus jeli menginvestasikannya pada perusahaan publik dengan reputasi dan kinerja yang baik. Untuk jenis investasi ini, Anda perlu menyiapkan dana yang tak sedikit tapi hasilnya pasti dan relatif aman.

  1. Investasi Sewa Properti

Belilah properti dengan harga murah secara kredit lalu sewakan properti tersebut. Pastikan biaya sewa yang Anda dapatkan cukup untuk membayar cicilan yang dibeli. Setelah cicilan itu lunas, sehingga tetap bisa menyewakannya agar tetap mendapatkan uang tunai setiap bulan.

Semuanya Tergantung Kemauan Anda

Nah, cara-cara tersebut bisa dilakukan asal Anda ada kemauan dan meluangkan waktu untuk memikirkan konsep yang efektif dalam mendapatkan penghasilan tambahan pasif. Memang hasil pendapatan pasif tergantung dari jumlah investasi dan tenaga yang dikeluarkan. Tapi ada beberapa cara mudah dan murah yang bisa dilakukan. Jadi, mau mencobanya?


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close