People Innovation Excellence
 

Seberapa Pentingkah Database Management System dalam Sebuah Perusahaan?

Bisnis di dunia semakin berkembang setiap tahunnya seiring dengan berkembangnya teknologi yang membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dari perusahaan tersebut dengan lebih mudah dan cepat. Para start up pun mulai berlomba-lomba menunjukan bahwa teknologi mereka lah yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya sehingga banyak start up yang dapat survive bahkan berkembang hingga saat ini.

            Dalam sebuah perusahaan yang maju biasanya terdapat sistem informasi yang baik yang dapat menunjang proses bisnis dari sebuah perusahaan tersebut. Di dalam sistem informasi perusahaan biasanya terdapat database management system yang digunakan untuk menyimpan data perusahaan. Namun seberapa pentingkah database management system (DBMS) dalam sebuah perusahaan?

            Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan database itu sendiri. Database adalah sekumpulan data yang terorganisir dan mempunyai hubungan satu dengan yang lainnya. Database diatur dan dikontrol oleh sebuah software yang disebut database management system (DBMS).

            Sebuah perusahaan tentunya memiliki data penting yang harus disimpan dengan aman karena data tersebut merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Data dalam sebuah perusahaan dapat meliputi nama-nama supplier, nama-nama buyer, stok barang yang tersedia, data pembayaran dan masih banyak lagi.

            Apabila suatu perusahaan belum memiliki database management system (DBMS) maka semua data yang terdapat pada perusahaan tersebut akan disimpan secara manual. Ketika semua data dalam sebuah perusahaan disimpan secara manual maka semakin tinggi tingkat kesalahan dalam penyimpanan maupun untuk mengakses data tersebut. Faktor human error merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh besar terhadap tingkat kesalahan tersebut. Bisa saja seseorang lupa dimana dia menempatkan data yang dimiliki perusahaan atau bahkan hilang. Hal tersebut tentu saja dapat merugikan perusahaan dikarenakan salah satu aset berharga dalam perusahaan tersebut lenyap. Lalu apabila data dalam sebuah perusahaan disimpan secara manual maka akan sangat memakan banyak waktu yang menyebabkan perusahaan tersebut tidak efektif dalam menjalankan bisnisnya.

            Namun dengan memiliki database management system (DBMS), sebuah perusahaan akan dengan mudah menjalankan bisnisnya. Seluruh data yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan akan tersimpan dan terorganisir dengan baik serta memudahkan seseorang dalam perusahaan tersebut untuk mengaksesnya. Data yang tersimpan dalam sebuah DBMS juga bukan merupakan data yang redundant atau mempunyai duplikat. Sehingga meminimalisir ambigu terhadap suatu data. Hal tersebut dapat membuat sebuah yang mempunyai database management system (DBMS) yang baik akan sangat efektif dalam menggunakan waktu yang ada karena tidak memerlukan penyimpanan manual. Selain itu juga dengan memiliki DBMS sebuah perusahaan akan dapat sangat akurat mengetahui informasi yang ada dalam perusahaan tersebut, Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan dari sebuah perusahaan dikarenakan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan bisnisnya dengan menggunakan data yang akurat dibandingkan dengan sistem manual.

            Sebagai contoh, bila bagian gudang dari suatu perusahaan belum mempunyai DBMS dan harus menghitung stok yang ada secara manual maka hal tersebut akan memakan banyak waktu dan belum tentu akurat dikarenakan beberapa faktor yang ada. Sehingga ketika perusahaan memutuskan untuk memesan barang ke supplier, perusahaan tersebut bisa saja kelebihan ataupun kekurangan jumlah barang yang dipesan dikarenakan kesalahan penghitungan dari stok yang ada di gudang. Hal ini akan sangat merugikan perusahaan dikarenakan dapat menambah cost yang keluar. Namun dengan menggunakan DBMS, suatu perusaahan dapat dengan akurat menentukan jumlah barang yang harus dipesan ke supplier sesuai dengan kondisi stok yang ada. Hal ini akan dapat menghemat pengeluaran yang ada.

            Dengan penjelasan singkat tersebut, apakah jawaban yang tepat untuk pertanyaan “seberapa pentingkah database management system (DBMS) dalam sebuah perusahaan?”. Jawabannya tentu saja sangat penting. Dengan menggunakan DBMS suatu perusahaan akan banyak mendapat keuntungan diantaranya yaitu mengambil keputusan yang tepat terhadap bisnis berdasarkan data yang akurat sehingga dapat meningkatkan bisnis dari perusahaan tersebut.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close