People Innovation Excellence
 

Alasan Untuk Menyetujui Penawaran Kartu Kredit

Kamu barangkali kerap sebal karena dihubungi melalui telepon oleh bank-bank penyedia kartu kredit yang kerap ‘mengganggu’ saat jam sibuk. Belum lagi kiriman email penawaran bahkan surat yang sampai ke alamat Kamu. Tapi, sesekali kita mungkin perlu melirik tawaran kartu kredit tersebut jika ternyata hal yang diiming-imingi lebih menguntungkan bagi yang sudah atau belum memiliki kartu kredit. Situasi di bawah ini bisa menjadi alas an kenapa Kamu harus menyetujui tawaran kartu kredit tersebut, apa saja? Yuk simak tips di bawah ini

  1. Ada Program Rewards

Kartu kredit tanpa program rewards dan cash back yang menggiurkan sangat cocok bagi Kamu jarang menggunakannya, atau hanya perlu kartu kredit untuk keadaan darurat. Tetapi jika Kamu menggunakan kartu kredit lebih sering, maka coba gunakan kartu kredit yang menawarkan rewards dengan berbagai variasi program hadiah ataupun cashback. Program rewards biasanya berupa perolehan poin, miles, atau cashback saat membelanjakan barang tertentu, dan promosi diskon dari berbagai merchant.

Menukarkan poin reward dapat dilakukan untuk membeli tiket pesawat, Hotel, gift card dan lainya. Sebelum Kamu mengambil keputusan untuk menggunakan kartu kredit baru, maka bandingkan program rewards yang paling sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan belanja yang sering dilakukan. Program reward tersebut tentunya menguntungkan buat kamu karena dengan rajin transaksi menggunakan kartu kredit kamu bisa menikmati fasilitas rewardsnya.

Selain itu, berbagai kartu kredit menawarkan skema yang berbeda dan sangat menarik loh. Jangan ragu untuk menyetujui tawaran kartu kredit jika program rewards yang ditawarkan menarik. Jangan hanya sekedar tergiur, tapi kamu perlu cari tahu informasi yang lengkap tentang tawaran rewards-nya agar kamu tak beli kucing dalam karung.

  1. Bunga Lebih Rendah

Jangan mau membayar tingkat bunga kartu kredit yang tinggi jika Kamu memiliki rating kredit yang baik. Seberapapun lamanya Kamu menjadi pelanggan kartu kredit dan memiliki reputasi pembayaran kredit yang baik. Beberapa bank memutuskan tidak mengubah tingkat bunga kartu kredit yang dikenakan. Jika mau, Kamu bisa menggunakan kartu kredit yang baru dengan bunga sedikit lebih murah.

Carilah promo kartu kredit yang biasanya menawarkan program gratis iuran tahunan pula untuk satu tahun hingga seumur hidup bergantung limit yang Kamu inginkan. Bunga yang ditawarkan tentunya disesuaikan dengan limit kartu kredit yang diajukan. Karena bagaimanapun juga bunga kartu kredit dapat sangat menyulitkan jika sekali saja kamu telat bayar tagihan dan kena bunga, lalu berlipat di bulan berikutnya.

  1. Limit yang Lebih Besar

Limit kartu kredit yang didapat sudah tidak mencukupi gaya hidup pengeluaran dan kebutuhan belanja kamu? Kalau begitu, sudah saatnya untuk mengganti kartu kredit Kamu dengan yang baru. Tapi tentunya profil pengeluaran belanja bulanan Kamu harus seimbang dengan jumlah penghasilan yang diperoleh tiap bulan. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Limit yang lebih besar bukan berarti bebas menghamburkan uang begitu saja. Justru kamu harus siap mengelolanya dengan lebih bijak. Bukan karena limitnya besar lantas bisa kalap belanja baju saat diskon atau membeli barang elektronik yang sedang ngetren tanpa pertimbangan yang matang.

  1. Diterima di Banyak Merchant

Kamu punya mobilitas tinggi dari satu kota ke kota lain? Atau antar Negara dan ingin kartu kredit Kamu diterima di semua merchant di semua tempat yang dikunjungi? Jika kartu kredit yang Kamu miliki sekarang tak menunjang benefit itu, sekarang saatnya untuk menggantinya. Pilih kartu kredit berlogo Visa atau Mastercard, karena hampir semua tempat dan Negara menerimanya.

Jika kartu kredit kamu bisa diterima di semua toko dan merchant, tentunya itu akan mempermudah kamu menggunakannya. Sering bertransaksi menggunakan kartu kredit juga menguntungkan kamu untuk mengumpulkan poin rewards serta benefit lainnya yang dapat diterima dari kartu kredit.

Penawaran Kartu Kredit Tidak Selalu Menyebalkan

Nah, sekarang sudah tahu kan mengapa kita jangan antipati atas tawaran kartu kredit? Kamu bisa mempertimbangkan untung dan ruginya seperti empat tips di atas. Sekali lagi, kartu kredit bukan momok yang harus kamu hindari, Justru banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakannya secara tepat sasaran.


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close