People Innovation Excellence
 

Explanable dan Drill Down yang bersifat Ad-Hoc Pada Dinas Pariwisata Pemprov DKI Jakarta

Perancangan dashboard Data Warehouse yang digunakan adalah diagram batang, pie chart, line, dan table yang masing-masing memiliki fungsi untuk menjelaskan data yang dikumpulkan dan diolah.

  • Diagram batang menggambarkan tingkat perizinan dalam pertahun yaitu tahun 2010-2013 yang ditampilkan berdasarkan kota madya yaitu Jakarta barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utasa, dan Kepulauan Seribu.
  • Pie chart menggambarkan nama karyawan dan berapa persen kektifan dalam memberikan izin atau bertanggung jawab atas memberikan izin tersebut terhadap pemohon.
  • Line menggambarkan pergerakan jumlah usaha pariwisata dan pertunjukan temporer berdasarkan tahunnya.
  • Table menjelaskan data pemohon yang mengajukan atas usahanya tersebut dan sebagai tanggung jawab usahanya. 
  1. Usaha Pariwisata

Gambar Explanable Usaha Pariwisita

Pada diagram batang usaha pariwisata menjelaskan pada tahun 2010 usaha pariwisata yang banyak diberikan izin yaitu terletak pada Jakarta Pusat, pada tahun 2011 dan 2013 usaha pariwisata paling banyak diberikan izin terletak pada Jakarta selatan, pada tahun 2012 izin yang banyak diberikan teletak di Jakarta barat, pada setiap masing-masing kota Jakarta barat, pusat, selatan Timur, Utara dan Kepulauan seribu memiliki jumlah data usaha pariwisata yang nantinya bisa di drill down, sebagai contoh drill down dari Jakarta Barat data yang di tampilkan pada gambar dibawah ini.

Gambar Drill Down Usaha Pariwisata

Drill down dari data Jakarta Barat bahwa usaha pariwisata yang paling banyak diberikan izin pada tahun 2012 adalah usaha karaoke, dan pada tahun 2013 adalah musik hidup, untuk melihat data usaha contohnya usaha karaoke,dapat di drill down seperti contoh gambar dibawah ini.

Gambar Drill Down Usaha Pariwisita

Dapat dilihat setelah di drill down dari diagram batang karoeke, pemohon yang paling tinggi diberikan izin tersebut jenisnya PT, dan ketika di drill down kembali data PT maka akan terlihat gambar dibawah ini.

Gambar Drill Down Usaha Pariwisata

Setelah data PT di drill down maka terlihat nama usaha yang diberikan izin contohnya inul vista karaoke, diva karaoke, dll. Pada pie chart dapat dilihat karyawan yang bertanggung jawab memberikan izin adalah agung cahyo erwanto dan pemohon yang bertanggung jawab atas usahanya yaitu Laila oktavianti yang dapat dilihat pada table berdasarkan nama usahanya yaitu Alegro F-KTV.


Published at :
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close