People Innovation Excellence
 

Rancangan Data Warehouse Pada Dinas Pariwisata Prov DKI Jakarta _ 1

Pemilihan Proses (Choosing the Process)

  1. Usaha Pariwisata
    Proses pendaftaran usaha pariwisata yang dimaksud adalah pemohon mengisi tanda daftar usaha sementara ke dinas sampai dinas mengeluarkan tanda daftar usaha pariwisata. Dokumen yang digunakan meliputi TrTDUP, sedangkan data-data yang digunakan adalah MsWisata, MsWilayah, MsKaryawan dan MsPemohon.
  2. Pertunjukkan Temporer
    Proses pendaftaran pertunjukkan temporer yang dimaksud adalah pemohon mengisi permohonan pendaftaran sampai dinas mengeluarkan tanda daftar pertunjukkan temporer. Dokumen yang digunakan ialah TrTDPT, data yang digunakan adalah MsWisata, MsPemohon, MsWilayah, MsKaryawan.
  3. Retur
    Retur dalam dinas pariwisata adalah retur surat dari izin yang tidak memenuhi syarat maupun izin pertunjukkan yang tidak sesuai peraturan. Dokumen yang digunakan adalah TrSuratRetur, sedangkan data yang digunakan adalah MsWisata dan MsPemohon.

Memilih Grain (Choosing the Grain)

Grain adalah proses menentukan apa saja yang akan digambarkan record di dalam table fakta. Grain yang ada dalam perancangan data warehouse Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta antara lain.

  1. Usaha Pariwisata
    Analisis yang dapat kita lakukan pada proses usaha pariwisata meliputi jumlah usaha pariwisata berdasarkan jenis usaha, wilayah yang paling banyak dibuat usaha parwisata, karyawan yang produktif  menangani pembuatan usaha pariwisata, pemohon yang sering mendaftar usaha pariwisata, jumlah usaha pariwisata.
  2. Pertunjukan Temporer
    Analisa yang dapat kita lakukan pada proses pertunjukan temporer meliputi jumlah pertunjukan temporer berdasarkan jenis usaha, pemohon yang paling sering membuat pertunjukan, wilayah yang paling banyak dibuat pertunjukan, karyawan yang paling produktif menangani pembuatan pertunjukan, jumlah pertunjukan temporer.
  3. Retur
    Analisa yang dapat kita lakukan pada proses retur meliputi jenis wisata yang paling banyak gagal dalam memenuhi persyaratan pendaftaran, pemohon yang sering gagal dalam melakukan pendaftaran, jumlah retur.

Identifikasi dan Memuat Dimensi yang Sesuai (Identifying and Conforming the Dimensi)

Untuk dimensi yang dipilih adalah dimensi waktu, wisata, wilayah, karyawan, dan pemohon. Berikut ini adalah dimensi yang dipilih untuk masing-masing proses bisnis adalah:

  1. Usaha Pariwisata
    Untuk analisis usaha pariwisata, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, wiliyah, karyawan, dan pemohon.

Tabel 4.1 Grain vs Dimensi pada analisis Usaha Pariwisata 

  1. Pertunjukan Temporer
    Untuk analisis pertunjukan temporer, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, pemohon, wilayah karyawan.

Tabel 4.2 Grain vs Dimensi pada analisis Pertunjukan Temporer

  1. Retur
    Untuk analisis pertunjukan temporer, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, pemohon.

Tabel 4.3 Grain vs Dimensi pada analisis Retur


Published at : Updated
Written By
Evaristus Didik
Concentration & Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close