School of Information Systems

Rancangan Data Warehouse Pada Dinas Pariwisata Prov DKI Jakarta _ 1

Pemilihan Proses (Choosing the Process)

  1. Usaha Pariwisata
    Proses pendaftaran usaha pariwisata yang dimaksud adalah pemohon mengisi tanda daftar usaha sementara ke dinas sampai dinas mengeluarkan tanda daftar usaha pariwisata. Dokumen yang digunakan meliputi TrTDUP, sedangkan data-data yang digunakan adalah MsWisata, MsWilayah, MsKaryawan dan MsPemohon.
  2. Pertunjukkan Temporer
    Proses pendaftaran pertunjukkan temporer yang dimaksud adalah pemohon mengisi permohonan pendaftaran sampai dinas mengeluarkan tanda daftar pertunjukkan temporer. Dokumen yang digunakan ialah TrTDPT, data yang digunakan adalah MsWisata, MsPemohon, MsWilayah, MsKaryawan.
  3. Retur
    Retur dalam dinas pariwisata adalah retur surat dari izin yang tidak memenuhi syarat maupun izin pertunjukkan yang tidak sesuai peraturan. Dokumen yang digunakan adalah TrSuratRetur, sedangkan data yang digunakan adalah MsWisata dan MsPemohon.

Memilih Grain (Choosing the Grain)

Grain adalah proses menentukan apa saja yang akan digambarkan record di dalam table fakta. Grain yang ada dalam perancangan data warehouse Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta antara lain.

  1. Usaha Pariwisata
    Analisis yang dapat kita lakukan pada proses usaha pariwisata meliputi jumlah usaha pariwisata berdasarkan jenis usaha, wilayah yang paling banyak dibuat usaha parwisata, karyawan yang produktif  menangani pembuatan usaha pariwisata, pemohon yang sering mendaftar usaha pariwisata, jumlah usaha pariwisata.
  2. Pertunjukan Temporer
    Analisa yang dapat kita lakukan pada proses pertunjukan temporer meliputi jumlah pertunjukan temporer berdasarkan jenis usaha, pemohon yang paling sering membuat pertunjukan, wilayah yang paling banyak dibuat pertunjukan, karyawan yang paling produktif menangani pembuatan pertunjukan, jumlah pertunjukan temporer.
  3. Retur
    Analisa yang dapat kita lakukan pada proses retur meliputi jenis wisata yang paling banyak gagal dalam memenuhi persyaratan pendaftaran, pemohon yang sering gagal dalam melakukan pendaftaran, jumlah retur.

Identifikasi dan Memuat Dimensi yang Sesuai (Identifying and Conforming the Dimensi)

Untuk dimensi yang dipilih adalah dimensi waktu, wisata, wilayah, karyawan, dan pemohon. Berikut ini adalah dimensi yang dipilih untuk masing-masing proses bisnis adalah:

  1. Usaha Pariwisata
    Untuk analisis usaha pariwisata, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, wiliyah, karyawan, dan pemohon.

Tabel 4.1 Grain vs Dimensi pada analisis Usaha Pariwisata 

  1. Pertunjukan Temporer
    Untuk analisis pertunjukan temporer, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, pemohon, wilayah karyawan.

Tabel 4.2 Grain vs Dimensi pada analisis Pertunjukan Temporer

  1. Retur
    Untuk analisis pertunjukan temporer, dimensi yang digunakan adalah waktu, wisata, pemohon.

Tabel 4.3 Grain vs Dimensi pada analisis Retur

Evaristus Didik