People Innovation Excellence
 

Arsitektur Data Warehouse Pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

Dalam perancangan data warehouse untuk Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta arsitektur perancangan data warehouse yang akan dipakai adalah data warehouse terpusat. Data operasional yang dibutuhkan diseleksi berdasarkan kebutuhan laporan instansi. Dalam perancangannya semua data yang sudah diseleksi akan disimpan ke dalam satu data warehouse sehingga pengguna akan lebih mudah untuk mengelola data seperti melakukan pencarian data-data yang diperlukan.

Alasan menggunakan data warehouse terpusat adalah mempermudah dalam pengawasan dan pemeliharaan data yang terdapat di dalam data warehouse, dapat menjaga konsistensi isi dari data warehouse dari berbagai macam perubahan jika dibandingkan dengan data warehouse terdistribusi dan biaya untuk aristektur data warehouse secara terpusat lebih murah karena hanya terpusat dalam satu tempat. Berikut merupakan arsitektur yang akan digunakan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta :

Gambar 4.1 Arsitektur Data Warehouse

Berdasarkan arsitektur di atas, terdapat komponen-komponen utama yang saling berhubungan, yaitu:

  • Data Source

Data source merupakan sumber data yang berasal dari data-data operasional Dinas Pariwisata yang digunakan dalam membangun datawarehouse ini.Data-data yang dipakai dalam membangun datawarehouse adalah data wisata,data pendaftaran wisata,dan juga data perizinan. Setelah data telah didapatkan, nantinya data akan melalui proses data staging.

  • ETL (Extract,Transform,Load)

Pada tahapan ini akan terjadi proses ETL, proses ETL adalah proses pengambilan data dari data source ke data warehouse. Dalam tahap extract, data yang akan digunakan adalah data yang sudah teridentifikasi dari berbagai sumber, termasuk database system maupun aplikasi. Setelah proses extract selesai, maka data akan di transform menjadi suatu data baru yang telah terintegrasi. Data-data yang sudah terintegrasi akan dimuat ke dalam data warehouse dalam proses load.

  • Data Warehouse

Data warehouse merupakan suatu media tempat penyimpanan data yang besar. Data yang terdapat di dalam data warehouse adalah data yang telah melalui proses ETL dan bersifat historikal dengan jangka waktu tertentu.

  • User

Users merupakan pengguna dari data warehouse. Users yang menggunakan biasanya adalah pihak eksekutif yang melakukan pencarian-pencarian informasi yang diperlukan dalam mendukung pengambilan keputusan perusahaan.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close