People Innovation Excellence
 

DESAIN SISTEM DENGAN UML (PART 7)

Package diagram di UML merupakan high-level diagram yang memungkinkan para desainer untuk mengasosiasikan (mengelompokkan) class pada grup yang terkait. Diagram ini sangat berguna untuk mendokumentasikan perbedaan atau kesamaan dalam hubungan objek pada tiga layer parancangan, yaitu view, domain dan data access. Class ditempatkan di dalam package yang sesuai berdasarkan pada layer mana mereka berasal. Untuk mengembangkan package diagram, hanya mengekstrak informasi dari class diagram desain dan interaction diagram untuk masing-masing use case.

Notasi package digambarkan dengan Tab persegi panjang. Notasi lainnya adalah tanda panah putus-putus yang merupakan hubungan ketergantungan. Ekor panah tersambung ke paket yang tergantung, dan panah dihubungkan ke package independen. Ketergantungan hubungan digunakan pada package diagram, class diagram, bahkan interaction diagram. Kalau diagram – diagram tersebut diuat untuk menunjukkan perubahan independent element, makan dependent element harus juga dilakukan perubahan. Misalnya, perubahan struktur data, seperti tercermin dalam data access layer, biasanya membutuhkan perubahan pada domain layer dan view layer.

Package diagram dapat bersarang atau didekomposisi menjadi subsistem untuk menunjukkan level yang berbeda dari package. Seperti pada contoh RMO, tiga dependensi dapat diidentifikasi dari empat subsistem. Untuk mengilustrasikan kekuatan dari penjelas diagram, bahwa setiap ada perubahan dalam urutan-entry subsistem, subsistem order fulfillment juga mungkin memerlukan modifikasi. Dependensi juga membantu tim mengenali di mana komunikasi harus terjadi untuk menjamin agar suatu sistem dapat terintegrasi total.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close