People Innovation Excellence
 

Domain dan Hosting

Apa itu domain dan hosting?

Pada saat membuat website dalam internet pasti akan membutuhkan Domain dan Hosting.

Sebelum berbicara tentang Hosting, anda mulai membuat imajinasi dari sebuah alamat rumah, anda punya alamat rumah kan? misalnya alamat rumah anda di Jl Kemanggisan Raya No 09 Kota Jakarata Barat. Bagaimana anda akan mencari alamat di dunia maya? sebagai pengganti alamat rumah, di Internet alamat tersebut dinamakan alamat IP, namun karena alamat IP ini sangat susah dihapal, karena terdiri dari 4 bilangan  yang terdiri dari angka 0 – 255, misal 102.108.2.196 << tentunya angka tersebut sulit untuk menginatnya? untuk itu di dunia maya , alamat IP disederhanakan menjadi nama Domain. Setiap nama domain menjadi sebuah alamat unik tersendiri dari berbagai alamat di dunia maya, dan rumah anda di dunia maya direpresentasikan dalam sebuah website. 

Bagaimana anda bisa punya rumah? tentunya anda harus punya tanah dulu, kalo anda punya uang yang banyak, anda bisa beli tanah yang luas berupa lahan yang bisa anda jadikan kapling-kapling dan anda sewakan lagi, atau anda bisa buat perumahan disana, tanah yang luas itu diibaratkan dalam dunia maya sebagai Server, dimana tanah itu bisa anda customize sendiri sesuka anda, bisa buat bisnis, dan berbagai hal.

Kadang mereka melihat ada tanah yang disewakan, dengan menyewa tanah itu, kita bisa membuka toko, rumah sementara dan lain sebagainya. Biasanya tanah yang disewakan ini luasnya terbatas, dan tidak bisa semaunya utk customize, yah jelas karena tanah tersebut masih sewa, kadang anda harus berbagi kapling dengan orang lain di areal tersebut yang sama-sama sewa. Dalam dunia Internet tanah yang disewa itu disebut Hosting.

Dengan sudah punya Domain dan Hosting, anda tentunya sudah mulai bisa berkarya di dunia maya, membangun rumah, memperkenalkan alamat rumah ke setiap orang, lalu mempercantik rumah anda biar banyak yang berkunjung, bila masih tersedia lahan serta punya produk, anda bisa buka toko di sana.

Apa Itu Domain?

Domain adalah sebuah nama website dalam internet. Kebanyakan orang membuat nama situs pasti tidak mau ada nama yang terdaftar dua secara hak paten tidak dibenarkan. Bila anda mau order atau membeli domain, tentunya anda tidak bisa menamai domain anda dengan yang sudah ada di internet.

Apa maksudnya ? Maksudnya, apabila anda ingin membuat sebuah website dengan nama domain VimaRO.com, kemudian ternyata sebelumnya sudah ada orang lain yang sudah memiliki website yang berdomain VimaRO.com, maka tentunya anda tidak bisa membeli domain VimaRO.com karena sebelumnya sudah ada yang memiliki domain tersebut.

Domain mempunyai level-level tertentu :

TOP Level Domain

TOP Level Domain memiliki dua jenis, yaitu  :

  1. gTLD(Global Level Domain), dan
  2. ccTLD(Country Code Top Level Domain).

Untuk gTLD, nama domainnya itu “berdiri sendiri”, berikut adalah daftar domain gTLD:

.com     .net      .org      .edu     .gov     .mil       .info

Untuk domain ccTLD, berikut adalah daftarnya:

.id        .co.id    .web.id .my.id   .ac.id    .sch.id  .or.id

Apa itu Hosting ?

Hosting merupakan “flashdisk digital” untuk para pemilik website. Tanpa adanya hosting, tentu kita tak bisa membuat website, karena hosting adalah tempat di mana semua data-data yang di perlukan untuk sebuah website akan disimpan di dalam hosting tersebut.

Sebelum membeli sebuah hosting, pastikan hosting tersebut memiliki spesifikasi yang dapat untuk memenuhi kebutuhan website anda. Spesifikasi yang penting dalam sebuah hosting untuk membangun sebuah website di antaranya adalah:

  1. Space atau kapasitas yang di miliki hosting.
  2. Bandwidth, sebuah kapasitas yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung yang menuju ke website kamu. Jadi saya sarankan untuk memilih hosting yang memiliki bandwidth yang besar. Bandwidth ini biasanya setiap bulannya di reset.
  3. Database, dalam memilih hosting yang mendukung database yang besar, karena database ini digunakan untuk menentukan besarnya data yang bisa simpan.

Untuk mengecek nama domain yang sama adalah www.whois.net


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close