People Innovation Excellence
 

PROBLEM DOMAIN DI DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM (Part 4)

Notasi dari generalisasi adalah dengan segitiga yang mengarah kepada superclassnya. Hubungan generalisasi ini juga menjelaskan kalau subclass menurunkan apa yang dimiliki oleh superclass, sehingga apa yang dimiliki oleh super class secara langsung akan dimiliki oleh juga oleh subclass nya. Namun hal tersebut tidak berlaku kebalikan. Sehingga apa yang dimiliki oleh satu sub class belum tentu dimiliki oleh subclass lain pada level yang sama. Didalam pendekatan orientasi objek, inheritance merupakan kunci penting yang menyebabkan class diagram memiliki hirarki generalisasi/spesialisasi.

Secara matematika, Whole-part merupakan jumlah atau total dari semua bagian. Hubungan yang ada diantara objek dan komponennya ditentukan juga oleh aturan yang ada didalam proses bisnis. Sebagai contoh, didalam sebuah computer terdiri dari prosessor, motherboard ,keyboard, mouse dan harddisk. Masing masing hal tersebut tidak bisa berdiri sendiri, sehingga gabungan dari semua itu yang membuatnya disebut sebagai komputer. Keyboard bukan spesialisasi dari computer tapi ia merupakan bagian dari komputer. Hubungan ini biasa dinamai dengan “Bagian dari” atau “is a part of”. Whole-part Hierarchies mempunyai dua jenis, yaitu: Agregasi dan Komposit. Aturan dari agregasi dipakai ketika masing-masing bagian yang terpisah itu bisa berdiri sendiri. Contoh komputer diatas merupakan hubungan agregasi, karena masing-masing bisa berdiri sendiri. Agregasi digambarkan dengan bentuk diamond.

 

Aturan hubungan Komposit menjelaskan hubungan hirarki keseluruhan yang lebih kuat. Dimana satu dengan yang lainnya tidak terpisahkan sama sekali perbedaan penggambarannya adalah terletak pada diamond dimana pada hubungan agregasi diamond digambarkan kosong dan untuk hubungan komposit diamond digambarkan penuh. Hirarki keseluruhan tersebut, baik agregasi atau komposit masing-masing membuat sistem analist bisa menjelaskan perbedaan hubungan secara jelas dari hubungan antara class-class yang ada. Hubungan hirarki keseluruhan ini bisa dilengkapi dengan multiplicity juga.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close