People Innovation Excellence
 

Keuangan Sehat, dan Manfaat Hidup Hemat Lainnya

Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”, pernahkah Anda mendengar petuah ini? Harusnya semua menjawab iya. Kalimat itu sebenarnya mengingatkan kita akan pentingnya hidup hemat yang nantinya bisa membuat hidup kita lebih bahagia. Karena itu, bila ditanya apa manfaat hidup hemat? Tentu sangat banyak jawabannya.

Di artikel sebelumnya, kita pernah membahas “6 Cara Hemat Dengan Belanja Pintar”. Itu adalah salah satu penerapan hidup hemat yang bisa dilakukan. Semua orang pasti setuju bahwa hidup hemat itu baik untuk dilakukan. Sejak di bangku sekolah dan dimanapun kita menjalani kehidupan pasti pernah diajarkan untuk hidup hemat. Namun, apakah Anda sudah menjalankannya? Bila iya, pasti Anda sudah merasakan manfaatnya.

Manfaat Hidup Hemat

Nah, bagi Anda yang belum bisa menerapkan pola hidup hemat. Kami akan memberikan Anda sedikit gambaran keuntungan yang bisa kita rasa bila menerapkan hidup hemat. Seperti Apa? Ini ulasannya:

  1. Banyak Uang Tersisa dan Bisa Dimanfaatkan Untuk Kebutuhan Lain

Banyak Uang Tersisa

Maksud dari pernyataan di atas adalah, kondisi keuangan akan menjadi lebih stabil karena dikelola dengan baik. Anda sudah berhasil mengelola pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Tidak pernah sekalipun terjadi lebih besar pasak daripada tiang, atau lebih besar pengeluaran dari pendapatan. Sehingga ada uang yang bisa ditabung untuk digunakan pada kebutuhan lain, atau bahkan untuk bersenang-senang.

Dalam hal ini, hidup hemat sangat tergantung dengan sebaik apa perencanaan keuangan yang Anda lakukan. Sebab bila hal itu tidak dilakukan dengan baik, akan ada banyak uang terbuang sia-sia untuk dipakai pada hal yang tidak perlu.

  1. Menjadi Jalan Pembuka Kecukupan Finansial Di Masa Depan

Rencanakan Masa Depan

Bagi Anda yang sudah bekerja, mungkin tidak asing lagi dengan istilah “Gaji berapa pun tidak akan pernah cukup”. Kalau hidup kita boros, mungkin hal itu akan menjadi kenyataan. Namun itu tidak akan terjadi kalau kita bisa hidup hemat. Justru yang terjadi adalah, semakin besar gaji, semakin besar uang yang bisa ditabung dan bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk dijadikan modal usaha atau investasi yang bisa dimanfaatkan di hari tua. Siapa yang tidak mau menikmati hari tua dengan senang? Tidak ada bukan. Kalaupun tidak mau dipakai, hasil berhemat itu bisa disimpan sehingga yang sewaktu-waktu bisa dipakai sebagai dana darurat.

  1. Jarang Punya Masalah, Jadi Tidak Stres

Tidak Pernah Stres

Satu keunggulan lain yang bisa dirasakan kalau menerapkan pola hidup hemat adalah terhindar dari stres. Sebagai contoh, bagi orang boros, salah satu cara untuk memenuhi kebutuhannya yang begitu banyak adalah dengan berutang. Bila itu dilakukan secara terus menerus, tentu utang yang dimiliki akan semakin menumpuk dan sulit untuk dilunasi. Hasilnya, siap-siaplah bersiaplah menikmati hidup penuh tekanan!

Namun, hal itu tidak akan terjadi pada orang yang pintar berhemat. Karena mereka akan lebih tenang menjalani hidup. Kalaupun sampai harus berutang, itu tidak akan menyulitkannya karena sudah disiapkan dengan baik sehingga tidak ada utang yang tertunggak.

  1. Hidup Lebih Bahagia!

Jarang stres, punya lebih banyak uang untuk dipakai bersenang-senang, bisa memenuhi berbagai kebutuhan dengan baik, itulah segala manfaat hidup hemat. Namun, ada satu pangkal dari itu semua, yaitu hidup menjadi lebih bahagia! Ketika orang lain sedang pusing memikirkan hidupnya yang begitu boros, justru Anda mampu bersenang-senang menikmati hidup.

Jadi, Mau Hidup Hemat Atau Boros?

Kalau dirasakan lagi, hidup itu tidak cuma untuk mengejar kesenangan saja. Tapi bagaimana kita mengejar itu agar dikemudian hari menjadi senang. Begitu juga dengan hemat, sebenarnya hidup hemat bukan hanya berbicara tentang uang atau bagaimana cara Anda dapat menabung. Menabung sendiri sebenarnya hanya sebagian kecil dari cara hidup hemat.

Konsep hidup hemat sendiri harus dibiasakan dan mesti menjadi salah satu pola hidup Anda. Dengan hal inilah orang-orang yang sudah menjalankan pola hidup hemat tidak hanya menjadi lebih sehat dalam keuangan, namun juga lebih sehat dalam kondisi jasmani dan bisa berpikiran lebih postif. Jadi, sudah siap menikmati manfaat Hidup Hemat?


Published at :
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close