School of Information Systems

PROBLEM DOMAIN DI DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM (Part 3)

Diagram yang digunakan unuk menjelaskan problem domain classes disebut UML Class diagram. UML Class diagram dipakai untuk menjelaskan domain model dan software design model.

Di dalam Class diagram, bentuk persegi panjang mewakili class. Bentuk persegi panjang untuk Class terbagi menjadi 3 bagian, dimana ketiga bagian tersebut adalah (lihat juga gambar 10):

  • bagian pertama merupakan bagian paling atas, merupakan penjelasan dari nama class.
  • bagian kedua (bagian tengah) menjelaskan atribut dari semua objek yang dimiliki oleh class
  • bagian ketiga merupakan bagian paling bawah dari class menjelaskan behaviors atau method dari objek tersebut. Method merupakan apa yang bisa dikerjakan oleh objek didalam masing masing class. Perlu diingat, bahwa dalam domain model class diagram tidak menggambarkan atau membicarakan method.

UML Class diagram menjelaskan secara garis besar akan sistem yang dibangun, sehingga seorang sistem analist harus mengetahui tentang aturan bisnis dari user, agar tidak terjadi kesalahan didalam pembangunan sistemnya. Ketika bekerja dengan menggunakan model, sistem analis akan sering untuk mengevaluasi domain model class diagramnya. Salah satu yang akan di evaluasi adalah hubungan many-to-many. Hubungan many-to-many diantara class menjelaskan kalau ada data lain yang harus direkam oleh sistem.

Hirarki didalam Class diagram bisa dijelaskan melalui hirarki Generalisasi /spesialisasi dan hirarki keseluruhan (Whole-part hierarchies).

Hirarki generalisasi atau spesialisasi (inheritance) dijelaskan dengan menyusun dan mengelompokkan objek dari class diagram tersebut menjadi suatu objek yang lebih general. Sehingga penentuan hirarki generalisasi atau spesialisasi biasa ditentukan dengan menentukan jenis dari objek-objek tersebut, dan menyatukan mereka menjadi objek yang lebih umum. Di dalam Class Kendaraan Bermotor dapat kita spesifikasi menjadi yang lebih detail seperti Mobil Sport, Sepeda Motor, Mobil Sedan, dan lain lain. Kendaraan Bermotor merupakan yang lebih umum dari yang lainnya. Jadi kalau sebuah stru tur dibaca dari atas kebawah, maka struktur tersebut dibaca dengan spesialisasi dan kalau dibaca dari bawah keatas, maka struktur itu dibaca sebagai generalisasi. Klasifikasi merujuk kepada menjelaskan masing-masing class tersebut. Setiap class didalam hirarki pasti memiliki class yang lebih general diatasnya , biasanya disebut superclass. Dan begitupula sebaliknya class – class yang menjadi super class tersebut akan memiliki class yang lebih spesialisasi dibawahnya, yang disebut juga subclass.

Sugiarto Hartono