People Innovation Excellence
 

Mengenal 7 Jenis Tabungan Di Indonesia

Kebiasaan baik dalam mengatur keuangan selalu dimulai dengan membiasakan diri untuk menabung. Tempat menabung yang tersedia sebenarnya banyak sekali, mulai dari di bawah bantal, di celengan babi atau ayam, atau bisa juga di orang tua. Tapi itu semua cara yang sangat kuno, sekarang kan sudah ada bank yang menyediakan fasilitas untuk menabung. Jadi, sekarang, siapapun bisa menabung dengan aman dan mandiri, karena tidak bergantung pada orang lain.

Ketika hendak membuka tabungan di bank, maka Anda akan diperhadapkan pada berbagai pilihan jenis tabungan yang tersedia di bank. Banyaknya jenis tabungan ini bisa membuat Anda bingung dalam memilih. Perlu diingat bahwa Anda harus memilih dengan cermat tentang hal ini. Oleh karena itu, kenali 7 jenis tabungan yang tersedia di Indonesia agar tidak salah pilih.

  1. Tabungan Konvensional

Tabungan konvensional adalah jenis tabungan yang paling sangat umum. Sepertinya hampir semua orang pasti memiliki tabungan jenis ini, karena memang tabungan konvensional adalah jenis yang paling dikenal di masyarakat. Ciri utama dari tabungan konvensional adalah nasabah akan memiliki control penuh terhadap tabungannya. Pengambilan uang bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada batas waktu setoran. Semuanya ada dibawah kendali Anda melalui sebuah kartu sederhana yang namanya kartu ATM. Selain itu, biasanya bank akan memberikan buku tabungan kepada pemilik tabungan konvensional.

Dengan menabung di tabungan konvensional maka Anda akan mendapatkan bunga bulanan. Besaran suku bunganya hanya berkisar 0.5% – 2% dan umumnya ada biaya administrasi yang dikenakan pada nasabah per bulannya. Setiap bank memiliki besaran biaya administrasi yang berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank. Selain itu, uang yang Anda tabungkan disini tidak akan hilang karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) apabila bank bangkrut. Jadi, keunggulan dari tabungan ini adalah Anda memegang kendali penuh dan keamanan uang Anda terjamin.

  1. Tabungan Berjangka

Tabungan Berjangka via wordpress.com

Jenis tabungan yang satu ini sebenarnya diperuntukkan khusus untuk Anda yang ingin menabung untuk masa depan. Pada dasarnya dengan tabungan berjangka, Anda akan dipaksa untuk disiplin menabung, mengapa begitu? Karena proses menabung dilakukan dengan cara auto-debet oleh pihak bank ke rekening pribadi Anda. Tabungan ini memiliki system yang hampir mirip dengan deposito, yakni uang yang Anda tabungkan tidak akan bisa diambil sebelum masa jatuh tempo, namun perbedaannya terletak pada jumlah uang yang bisa Anda masukkan. Jumlah setoran yang ditentukan oleh bank untuk memiliki tabungan berjangka lebih rendah daripada deposito. Selain itu, dalam tabungan berjangka, setiap bulannya bank akan memindahkan uang Anda ke tabungan berjangka sesuai kemauan Anda di awal pembuatan.

Suku bunga yang diberikan oleh tabungan berjangka lebih besar daripada tabungan konvensional, oleh karena itu, jenis tabungan ini memang di desain khusus untuk Anda yang ingin disiplin menabung dan mendapatkan keuntungan. Sama halnya dengan tabungan konvensional, keamanan uang Anda terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Salah satu jenis dari tabungan berjangka adalah tabungan pendidikan, jadi dana yang Anda tabungkan memang akan dipakai untuk keperluan pendidikan Anda atau anak Anda. Keunggulan dari tabungan berjangka adalah menabung jadi lebih mudah, suku bunganya lebih besar, dan uang Anda terjamin aman.

  1. Tabungan Haji

Sesuai dengan namanya, tabungan ini diperuntukkan bagi nasabah yang berniat untuk pergi Umroh. Biasanya tabungan ini memang digunakan untuk orang yang ingin kepergiannya untuk Umroh lebih terjamin. Dengan menggunakan tabungan Haji, biasanya Anda sudah dipastikan mendapat kuota untuk Umroh, jadi tabungan ini hanya digunakan untuk menabung dana untuk biaya ongkos Haji saja. Biaya ini berbeda-beda setiap tahunnya tergantung hasil pemikiran dari Departemen Agama.

Jika Anda adalah nasabah tabungan Haji, maka setiap bulannya Anda harus menyetorkan sejumlah uang. Besaran setoran bulanannya diatur oleh Anda sendiri, pokoknya semakin cepat Anda mencapai biaya ongkos Haji tahunan yang sudah ditentukan, maka akan semakin cepat juga Anda akan pergi Umroh. Nasabah yang bisa pergi Umroh adalah nasabah yang sudah melunasi atau mencapai biaya ongkos Haji tersebut. Jadi semakin besar setoran bulanannya, maka semakin cepat Anda akan pergi Umroh.

  1. Tabungan Anak

Tabungan Anak via babysitting.academy

 Menabung sejak dini adalah hal yang penting untuk dilakukan, karena prilaku baik ini harus dimulai dari kebiasaan. Oleh karena itulah jenis tabungan ini hadir. Tabungan anak, seperti namanya, hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Kebiasaan menabung yang dilakukan anak kecil adalah di celengan atau di orang tua. Dengan membuka tabungan anak, maka sang anak akan menjadi lebih mandiri dan diajak untuk lebih terdorong dalam hal menabung.

Tabungan anak memiliki beberapa keringanan dalam hal pembiayaan. Bank memberikan peraturan setoran awal yang lebih ringan, setoran minimum bulanan yang kecil, dan potongan biaya administrasi yang sedikit. Keringanan di atas diberikan untuk meningkatkan minat sang anak untuk menabung dan melihat keuntungan dari menabung. Selain itu, terdapat bank yang memberikan kartu ATM atas nama anak agar memberikan kesan bangga pada diri anak tersebut dan jadi giat menabung. Tabungan ini sangat cocok untuk Anda ysang ingin mengajarkan pentingnya menabung kepada anak Anda.

  1. Tabungan Bisnis

Tabungan bisnis diperuntukkan khusus untuk bisnis Anda. Dengan memiliki tabungan jenis ini, Anda akan menikmati berbagai keuntungan yang membuat Anda jadi tergiur, yaitu suku bunga yang relatif lebih besar daripada tabungan biasa dan jumlah uang yang bisa Anda transfer lebih besar dari tabungan biasa. Namun, untuk mendapatkan keuntungan itu, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu setoran awal yang besar dan minimum setoran bulanan yang juga besar. Jadi, buat Anda yang membuka bisnis atau memiliki usaha sendiri, tabungan ini sangat dapat Anda manfaatkan.

  1. Tabungan Pegawai

Tabungan Pegawai via workforceverification.com

Jenis tabungan yang satu ini memiliki fitur yang hampir sama dengan tabungan biasa. Perbedaannya hanya terletak pada siapa yang membuka tabungan ini. Biasanya tabungan ini diberikan dari perusahaan kepada pegawainya untuk memudahkan proses payroll gaji bulanan. Tentunya perusahaan yang memberikan fasilitas ini adalah perusahaan yang bekerjasama dengan bank tertentu. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan tabungan ini, yaitu Anda sebagai pegawai tidak perlu repot-repot pergi ke bank untuk membuka tabungan karena prosesnya dilakukan oleh perusahaan, lalu biasanya proses pengajuan kredit Anda kemungkinan besar akan diterima oleh bank karena bank memiliki data informasi yang jelas tentang Anda dari perusahaan.

  1. Tabungan Mahasiswa

Tabungan Mahasiswa via setforcollege.com

Hampir serupa dengan tabungan pegawai, tabungan mahasiswa dapat didapatkan jika Anda adalah mahasiswa dari suatu universitas yang bekerjasama dengan bank tertentu. Kegunaan dari tabungan mahasiswa adalah untuk memudahkan Anda dalam proses pembayaran biaya kuliah. Jadi Anda tidak perlu lagi melakukan transfer untuk membayar karena biasanya akan dilakukan secara auto-debet.

Tentukan Rencana Dan Pilih Yang Tepat

Banyaknya jenis tabungan di Indonesia ini bisa jadi membuat Anda bingung pada saat mau membuka tabungan di bank. Oleh karena itu, sebelum membuka tabungan buatlah rencana tentang apa tujuan Anda membuka tabungan itu. Jika Anda hanya berencana untuk menaruh uang untuk penggunaan sehari-hari, maka tabungan konvensional saja sudah cukup. Tapi jika Anda memiliki rencana khusus yang ingin Anda capai, maka cermati berbagai jenis tabungan di atas beserta persyaratan dan keuntungannya. Setelah mengetahui itu semua, sekarang saatnya kamu menjatuhkan pilihan. Dengan memilih jenis tabungan yang tepat maka keunangan Anda dapat lebih berkembang. Jadi tentukan rencana dan pilih yang paling tepat.


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close