People Innovation Excellence
 

EVENTS DI DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM (Part 1)

Event decomposition membangun use case sistem berdasarkan event yang mana system harus merespon. Saat melakukan event decomposition sistem di andaikan sebagai black box yang berhadapan dengan lingkungan external, pengguna lain, dan sistem lain. Pendekatan akan berfokus pada analyst yang membuat kebutuhan sistem yang bisa dirubah menjadi use case. Hal ini disebabkan karena user akan cenderung menjelaskan kebutuhan mereka sesuai dengan kebutuhan bisnis dibandingkan dengan bahasa teknologi tinggi.

Sistem dipecah menjadi use case dan event, tetapi sistem tersebut tetap harus fokus kepada aturan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan Elementary Business Process. Setelah menurunkan proses bisnis kedalam use case dan event, maka langkah selanjutnya adalah membagi tugas diantara para pengembang. Misalkan, tugas pengembangan sistem dibagi menjadi 2 fokus utama, yaitu Orang dan Internal. Salah satu sistem analist berfokus pada semua kejadian / event yang disebabkan oleh orang, dan sistem analist yang lainnya berfokus pada semua kejadian / event yang penyebabnya dari internal. Hasil dari analisis kedua sistem analist tersebut, digabungkan menjadi satu dan akan menghasilkan list event yang sesuai dengan jenisnya. Sedangkan teknik untuk menganalisis event dan use case tersebut disebut dengan event decomposition dan hasil dari event decomposition merupakan daftar use case yang disebabkan oleh bisnis event.


Published at : Updated
Written By
Sugiarto Hartono
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close