People Innovation Excellence
 

ACTIVITY DIAGRAM

Sebuah diagram akan menyatukan dan memperbaiki informasi yang dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan observasi. Dari ketiga aktifitas tersebut, akan diketahui dengan jelas langkah-langkah dari proses bisnis. Urutan dari langkah-langkah proses bisnis tersebut disebut dengan workflow. Workflow bisa sederhana, bisa juga komplek, tergantung seberapa rumitnya proses bisnis yang di analisis. Tidak ada metode khusus untuk menggambarkan model dari workflow. Banyak orang (umumnya) menggunakan flowchart dan activity diagram untuk menggambarkan workflow dari proses bisnis. Karena flowchart dan activity diagram dirancang secara khusus untuk mampu menunjukkan aliran dan control dari langkah-langkah proses. Sebuah activity diagram merupakan sebuah workflow yang menggambarkan berbagai aktifitas user (atau sistem), orang yang melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, dan urutan dari aliran aktivitas tersebut.

Diagram activity merupakan dokumen dari alur kerja (work flow). Hal ini perlu digambarkan agar alur kerja dari proses bisnis dapat tergambarkan lebih jelas. Untuk menggambar diagram activity perlu diperhatikan beberapa hal yang cukup penting. Berikut adalah beberapa panduan sederhana dalam menggambarkan activity diagram :

  • Identifikasi agen untuk menciptakan swimlanes yang sesuai
  • Menggambarkan berbagai workflow dengan aktifitas (symbol yang berbentuk oval) yang sesuai.
  • Hubungkan aktifitas (symbol yang berbentuk oval) dengan anak panah untuk menunjukkan arah dari workflow.
  • Gunakan simbol decision untuk menggambarkan suatu pemilihan atas salah satu keputusan dengan satu jalur atau jalur lainnya.
  • Gunakan sinkronisasi bar untuk jalur atau aktifitas yang parallel

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close