People Innovation Excellence
 

Peluang Bisnis Rumahan 

Peluang usaha rumahan dengan modal kecil yang dapat menghasilkan keuntungan besar sangat terbuka lebar, guna menambah penghasilan. Terdapat banyak jenis usaha rumahan yang dapat diciptakan maupun mengembangkan peluang usaha yang sudah ada.

Dalam menggeluti usaha rumahan dengan modal kecil dapat dilakukan secara online maupun offline, keduanya dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan asal dapat membangun strategi. Terlebih saat ini hampir semua orang telah menggunakan internet, jadi agar lebih menguntungkan bisa mempromosikan usaha rumahan tersebut secara online, disamping membuka usaha secara offline di rumah.

Faktor penentu keberhasilan dan kegagalan usaha rumahan, sebagai berikut :

Kelebihan Usaha Rumahan

Kelebihan usaha rumahan tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat cukup memanfaatkan ruangan yang ada di rumah, misalnya seperti kamar tidur depan yang disulap menjadi took, atau dapur dijadikan tempat produksi olahan makanan ringan. Kemudian, guna menekan biaya upah pekerja dapat mengajak anggota keluarga untuk terlibat di dalamnya, sehingga pengeluaran semakin sedikit. Berbeda dengan pekerja kantoran, usaha rumahan tidak terikat jam kerja sehingga dapat mengatur atau menyeimbangkan waktu kerja sendiri.

Kekurangan Usaha Rumahan

Kekurangan usaha rumahan terletak dari lokasi rumah yang kurang strategis, seperti jauh dari keramaian atau berada di pelosok terpencil. Menjalankan usaha rumahan membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang strategi pemasaran, serta pengetahuan akan manajemen usaha dan keuangan yang masih kurang. Kemudian, dalam membangun usaha di rumah terkadang dalam membedakan antara kepentingan usaha dan kepentingan keluarga.

 Faktor Keberhasilan Usaha Rumahan

Salah satu faktor penentu keberhasilan usaha rumahan dengan modal kecil bisa ditinjau dari cara pengelolaannya, dengan pengelolaan yang baik bisa membawa kepada kesuksesan. Berikut ini beberapa faktor keberhasilan usaha rumahan, diantaranya :

  1. Mengelola Keuangan secara Profesional

Faktor penentu keberhasilan usaha rumahan salah satunya terletak dari tata kelola keuangan, seringkali usaha rumahan tidak berkembang karena pengaturan keuangan yang tidak bagus. Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan, serta mampu membedakan uang pribadi dan dana usaha membuat siklus usaha menjadi lebih terkontrol.

  1. Membentuk Tim Usaha yang Solid

Dalam membangun usaha rumahan dibutuhkan tim yang solid, dengan kemampuan yang berbeda-beda menjadi nilai penting dalam pengembangan usaha, tetapi karakter setiap anggota tim tentunya harus seirama untuk menghindari perpecahan.

  1. Membuat Skala Prioritas

Memiliki rencana usaha berdasarkan urutan skala prioritas menjadi faktor keberhasilan usaha rumahan, masalah akan muncul saat usaha yang digeluti kewalahan menerima pesanan yang semakin banyak, maka hal tersebut perlu di antisipasi agar tetap berjalan lancar, dimana tidak mengganggu pelayanan terhadap pelanggan.

Faktor Kegagalan Usaha Rumahan

Usaha rumahan dengan modal kecil cenderung mudah untuk dikelola, tetapi bukan berarti dapat berjalan sesuai semestinya, terkadang menemui kendala ketika tidak ada solusinya dapat menyebabkan usaha mengalami kegagalan. Berikut faktor penyebab kegagalan usaha rumahan :

  1. Tidak Punya Planning dan Strategi Usaha

Dalam membangun usaha rumahan diperlukan rencana usaha guna menentukan arah perkembangan usaha tersebut, setelah tercipta tujuan didirikan usaha rumahan, kemudian buat strategi usaha yang baik demi kelancaran usaha dan kemajuan usaha selanjutnya.

  1. Kurang Terampil Dalam Managemen Keuangan

Managemen keuangan dalam usaha rumahan begitu sangat penting berpengaruh terhadap kelancaran dan kestabilan usaha, meskipun bermodal kecil namun dengan managemen keuangan yang tepat dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Tanpa managemen keuangan usaha yang digeluti tidak akan berjalan sebagaimana mestinya.

  1. Selalu Cepat Merasa Puas

Jangan cepat merasa puas ketika usaha rumahan dengan modal kecil sudah berkembang, di tengah tumbuhnya persaingan perlu strategi usaha yang jitu agar tidak mengalami kegagalan atau kalah bersaing. Ciptakan ide kreatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan konsumen agar usaha rumahan tetap eksis dan bertahan.


Published at : Updated
Written By
I Gusti Made Karmawan
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close