People Innovation Excellence
 

DESAIN SISTEM DALAM UNIFIED PROCESS

Perancangan sistem merupakan sebuah disiplin yang menjelaskan, mengorganisasikan, dan menata komponen dari suatu sistem baik di tingkat arsitektur maupun pada tingkat rinci, dengan tujuan untuk membangun dan menerapkan sistem yang akan dikembangkan. Dalam perancangan sistem sangat disarankan untuk memecah fungsi-fungsi sistem kedalam 2 level, yaitu High-Level dan Low-Level. Dimana masing-masing level tersebut mempunyai fokusnya masing-masing, seperti apa yang disampaikan berikut ini.

  • High-Level. Level ini diklasifikasikan kedalam perancangan arsitektur. Dimana level ini akan mempengaruhi keseluruhan sistem dalam perancangan sistem informasi. Hal yang akan dibicarakan (komponen) dalam kategori ini meliputi perangkat keras, jaringan, dan infrastruktur sistem perangkat lunak.
  • Low-Level. Level ini di mengklasifikasikan sebagai perancangan detail. Dimana level ini mencakup bagian yang relatif lebih kecil dari sistem dan mempunyai dampak minimal pada bagian lain dari sistem. Artefak dari level ini bisa berupa sebuah software desain untuk single use case atau bisa juga untuk merancang sekelompok User Interface yang saling terkait.

Aktifitas perancangan dapat disegmentasikan ke dalam enam kegiatan utama yang terdiri dari merancang aristektur pendukung dan lingkungan penyebarannya, merancang software arsitektur, merancang use case realisasi, merancang database, merancang system dan user interface, merancang sistem security dan control. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2. Masing-masing aktivitas yang lebih tinggi tingkatnya, berisi dan berinteraksi dengan kegiatan yang lebih rendah tingkatnya.


Published at : Updated
Written By
Sugiarto Hartono
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close