School of Information Systems

BPM Models (Part 1)

BPM tools membantu mengefektifkan proses bisnis dengan mengambil data-data dan memprosesnya ke dalam sesuatu yang pikiran bisnis dapat memahami  informasi, yang mana informasi tersebut dapat gunakan untuk membangun suatu tindakan yang memberikan nilai tambah untuk produk dan layanan mereka atau mengurangi biaya dan sumber daya. Berikut  adalah tools yang  digunakan  dalam melakukan  fase – fase  di  dalam business process management:

RASCI Model

Menurut  Jetson,  dan  Johan  Nelis  (2010,  p.172),   RASCI  model merupakan singkatan  dari  Responsibility,  Accountable,  Supportive,  Consulted and  Informed. Biasanya lebih dikenal dengan RACI adalah matriks yang berguna untuk membantu dalam identifikasi aktifitas, peran, dan tanggung jawab seseorang dalam fase proyek. Model ini membantu menjelaskan apa yang harus diselesaikan dan oleh siapa untuk membuat proses baru bisa dilakukan.

  • Responsibility: orang   yang   bertanggung   jawab   untuk   melakukan   sebuah aktivitas.
  • Accountable: orang  yang  memberikan  otoritas  atau  menyetujui  suatu  pekerjaan sebelum pekerjaan tersebut di proses.
  • Supportive: orang yang menyediakan sumber daya atau informasi lainnya untuk mendukung kelengkapan sebuah proses atau aktivitas.
  • Consulted: orang  yang  memiliki  informasi  atau  kemampuan  yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah proses atau aktivitas.
  • Informed: orang  yang  perlu  tahu  hasil  dari  sebuah  proses  atau  aktivitas,  tetapi tidak perlu diberi tahu pada saat eksekusi.
Sugiarto Hartono