People Innovation Excellence
 

BPM Models (Part 1)

BPM tools membantu mengefektifkan proses bisnis dengan mengambil data-data dan memprosesnya ke dalam sesuatu yang pikiran bisnis dapat memahami  informasi, yang mana informasi tersebut dapat gunakan untuk membangun suatu tindakan yang memberikan nilai tambah untuk produk dan layanan mereka atau mengurangi biaya dan sumber daya. Berikut  adalah tools yang  digunakan  dalam melakukan  fase – fase  di  dalam business process management:

RASCI Model

Menurut  Jetson,  dan  Johan  Nelis  (2010,  p.172),   RASCI  model merupakan singkatan  dari  Responsibility,  Accountable,  Supportive,  Consulted and  Informed. Biasanya lebih dikenal dengan RACI adalah matriks yang berguna untuk membantu dalam identifikasi aktifitas, peran, dan tanggung jawab seseorang dalam fase proyek. Model ini membantu menjelaskan apa yang harus diselesaikan dan oleh siapa untuk membuat proses baru bisa dilakukan.

  • Responsibility: orang   yang   bertanggung   jawab   untuk   melakukan   sebuah aktivitas.
  • Accountable: orang  yang  memberikan  otoritas  atau  menyetujui  suatu  pekerjaan sebelum pekerjaan tersebut di proses.
  • Supportive: orang yang menyediakan sumber daya atau informasi lainnya untuk mendukung kelengkapan sebuah proses atau aktivitas.
  • Consulted: orang  yang  memiliki  informasi  atau  kemampuan  yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah proses atau aktivitas.
  • Informed: orang  yang  perlu  tahu  hasil  dari  sebuah  proses  atau  aktivitas,  tetapi tidak perlu diberi tahu pada saat eksekusi.

Published at : Updated
Written By
Sugiarto Hartono
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close