School of Information Systems

Tips Dagang Sembako Yang Sukses

Usaha pedagang sembako sangat cocok bagi para ibu rumah tangga. Anda bisa membuka usaha toko sembako atau kelontong di rumah. Tak perlu langsung menyediakan semua bahan rumah tangga. Anda cukup memberi modal Rp. 500.000  dan menyediakan beragam kebutuhan pokok rumah tangga. Seperti beras, minyak, telur, mie, dan bumbu-bumbu masakan instan. Setelah usaha ini mulai berkembang dan modal Anda sudah balik, lengkapi kebutuhan rumah tangga yang lain. Anda juga bisa sembari menjual jajanan dan minuman dingin untuk anak-anak sekitar.
Usaha dagang sembako tak akan pernah mati. Apalagi jika dalam satu kompleks rumah Anda belum ada yang membuka usaha dagang sembako. Karena usaha dagang sembako di buka di rumah, Anda juga bisa menyambinya dengan aktivitas-aktivitas lain seperti kehidupan biasa. Gunakan saja halaman depan Anda atau kamar kosong di depan rumah untuk menempatkan barang-barang yang akan dijual. Buatlah desain dagang agar letak produk yang akan dijual terlihat bersih dan terstur. Kelompokkan jenis barang sesuai dengan lokasi yang ada sehingga terlihat rapi. Buatlah table barang agar dapat mempercepat pelayanan dan dijual sesuai dengan harga pesaing. Tentukan harga yang dapat dinilai harga paling rendah ada juga produk yang diset dengan harga produk yang lebih tingg, sehingga akan dapat membawa emit pelanggan seolah-olah seluruh produk dapat dinilai oleh pelanggan bahwa produk anda lebih rendah dari pasaran yang ada.

Kunci sukses usaha kelontong adalah kepuasan konsumen. Untuk itu, Anda diharapkan untuk terus ramah kepada para pembeli. Meskipun dalam satu kompleks hanya Anda yang memiliki usaha ini, ini bukan berarti Anda diizinkan untuk mematok harga mahal. Meskipun keuntungannya sedikit asalkan banyak konsumen juga tak masalah bukan?

Carilah Supplier Produk Terpercaya

Dalam memulai bisnis ini awalnya Anda akan bertemu dengan beberapa supplier. Ini wajar, Anda bahkan bisa terus berganti-ganti supplier setiap kali kulakan. Berganti supplier setiap waktu ini bertujuan untuk memilah serta membandingkan supplier satu dengan lainnya. Supplier mana yang memberi pelayanan terbaik, memberi harga terjangkau, bahkan akan memberi Anda diskon yang menguntungkan.

Menjalin Hubungan dengan Supplier

Jika Anda sudah menemukan supplier yang pas, jalinlah komunikasi yang baik dengannya. Dengan menjalin hubungan baik, Anda akan memperoleh keuntungan sendiri di kemudian hari. Para supplier juga akan lebih memberikan pelayanan terbaiknya pada Anda. Komunikasi yang baik juga akan menghasilkan win-win solution untuk bisnis Anda.

Menerapkan Ilmu Pemasaran

Jika urusan kulakan sudah beres, kini tinggal Anda mengoptimalkan sistem pemasaran. Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, Anda harus pandai dalam mengatur display produk untuk menarik konsumen. Di awal penjualan Anda harus pandai memikat hati konsumen dengan pelayanan terbaik bahkan diskon-diskon spesial.

I Gusti Made Karmawan