People Innovation Excellence
 

Sales Service (Part 2)

Sales Service yang merupakan faktor dari kepuasaan Customer itu memiliki potensi besar untuk meningkatkan Loyal Customer. Ketika Customer sudah mulai mempercayai brand yang ditawarkan, biasanya mereka akan mempercayai organisasi ketika mengeluarkan produk lain, juga berbicara hal-hal yang bagus tentang brand tersebut.

Customer yang puas ini secara tidak langsung akan menambah jumlah Customer yang menggunakan produk/jasa dan tentunya akan meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan. Ini juga salah satu cara untuk meningkatkan relationships/hubungan antar organisasi dan customer.

Beberapa teknik digunakan oleh organisasi dengan tujuan kepuasan customer, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Para Sales akan tetap stay-in-touch atau mudah untuk dihubungi bahkan setelah transaksi, dan tidak pernah mengabaikan telfon masuk dari Customer.
  2. Pihak Sales akan menelfon dari waktu ke-waktu untuk menanyakan kabar dan bagaimana hasil dari produknya, ini dapat digunakan sebagai testimoni untuk organisasi.
  3. Memberikan support yang baik, seperti membantu Customer untuk mengoperasikan, memasang, ataupun memelihara produk yang dijual. Contoh : Sales Laptop yang memberikan kemudahan bagi Customer seperti Windows yang sudah di konfigurasi, agar Customer tidak lagi kesulitan untuk menggunakannya.
  4. Produk yang defect atau rusak harus segera diganti, saat ini masih banyak Sales yang menyalahkan customer atas apa yang terjadi dengan produknya. Namun, lebih baik jika Sales Professional memberikan rasa kenyamanan bagi Customer yang dapat berguna untuk jangka panjang.
  5. Membuat seksi di perusahaan yang mengurus tentang kebutuhan customer, atau mengumpulkan complain dari Customer. Hal ini biasa terdapat pada perusahaan jasa yang biasanya memiliki bagian sendiri untuk menerima complain dari customer seperti CS (Customer Support).
  6. Meminta Feedback dari customer terhadap produk atau jasa yang ditawarkan, Feedback membantu organisasi untuk mengetahui customer lebih jauh dan menjadi materi jika dibutuhkannya perubahan yang penting untuk tingkat kepuasan konsumen/customer.

Published at : Updated
Written By
Sugiarto Hartono
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close