People Innovation Excellence
 

Manfaat Utama Jaringan Komputer (Part 3)

Pada bagian ke-3 dari artikel manfaat utama jaringan komputer ini, kita akan melanjutkan manfaat ketiga dari penggunaan jaringan komputer di perusahaan, yaitu bebas memilih metode jaringan komputer terbaik. Menyiapkan jaringan bisnis pada tahun-tahun lalu jauh lebih kaku. Perusahaan harus membatasi jaringan perusahaan ke “komputer yang kompatibel” dan perangkat keras yang khusus. Saat ini penyedia TI yang baik dapat membuat semua perangkat keras perusahaan bekerja dengan baik di jaringan. Ini berarti perusahaan dapat memiliki sistem operasi yang berbeda pada berbagai jenis perangkat. Perusahaan bisa memiliki tablet android, komputer windows dan mac dan tablet ios semua jaringan bersama.

Manfaat yang keempat dari penggunaan jaringan komputer adalah bermanfaat untuk fleksibilitas akses. Keindahan jaringan modern hadir dalam fleksibilitasnya. Perusahaan dapat membawa tablet perusahaan ke dalam rapat dan mengetik sebuah dokumen. Kemudian, perusahaan dapat pindah ke komputer kantor sendiri dan terus bekerja dalam dokumen tersebut. Saat kolega perusahaan mengundang perusahaan untuk istirahat, perusahaan mungkin menunjukkan dokumen perusahaan dari ponsel cerdas perusahaan. Semua ini dimungkinkan jika dokumen berada pada server file pusat, dan jaringan perusahaan menyertakan koneksi nirkabel. Potong biaya pada perangkat lunak yang disediakan oleh banyak vendor perangkat lunak menawarkan versi jaringan perangkat lunak mereka. Ini berarti perusahaan dapat membeli satu lisensi untuk produk ini dan menjalankannya di server pusat. Komputer individu dalam jaringan tersebut dapat menjalankan contoh perangkat lunak tanpa harus memasang lisensi terpisah. Manfaatkan database terpusat Jika perusahaan menggunakan jaringan terpusat berbasis server, ini menawarkan banyak manfaat tambahan. Selain penyimpanan file yang disebutkan di atas, perusahaan juga dapat menggunakan penyimpanan dan pengambilan data terpusat. Dengan istilah yang sederhana, ini berarti perusahaan dapat membuat database pusat yang dapat diakses oleh semua karyawan perusahaan di semua perangkat karyawan perusahaan. Katakanlah bahwa karyawan etalase toko perusahaan sedang mendiskusikan masalah dengan pelanggan. Karyawan hanya bisa mengambil data yang relevan tentang pelanggan dari database pusat itu. Karyawan juga dapat memasukkan informasi baru tentang pelanggan tersebut, seperti mengubah layanan pelanggan atau membeli produk. Jika pelanggan tersebut menghubungi layanan pelanggan, semuanya akan mudah dilayani. Karyawan bagian layanan pelanggan dapat langsung melihat informasi terbaru dari database tersebut. Perlu adanya perlindungan terhadap data perusahaan. Hal ini tidak akan pernah sepenuhnya aman tanpa akses yang terlindungi ke sumber daya dan file jaringan. Perusahaan harus mempekerjakan teknisi TI yang ahli dalam mengamankan TI. Mereka dapat merancang fitur keamanan dengan benar di jaringan perusahaan mengikuti standar keamanan tertinggi. Perusahaan bisa memilih karyawan yang akan mendapatkan akses ke data sensitif, peralatan dan sumber daya lainnya dari perusahaan. Dengan menggunakan jaringan komputer yang berkualitas, perusahaan dapat memberikan akses kepada karyawan di dalam perusahaan, tetapi juga mereka yang dapat mengaksesnya dari daerah terpencil. Oleh karena itu, perusahaan dapat menghubungkan peralatan komputasi heterogen yang terletak di kota lain, dalam jaringan yang kohesif. Selain itu, perusahaan dapat menyebarkan informasi penting yang ingin perusahaan bagi dengan karyawan perusahaan, tidak peduli di mana mereka berada, hampir seketika.

Sumber: http://www.inspiredtechs.com.au/computer-networking. Diunduh: Kamis, 21 Desember 2017 13:19:02


Published at :
Written By
Harijanto Pangestu
Subject Content Specialist | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close