People Innovation Excellence
 

Manfaat Utama Jaringan Komputer (Part 2)

Penggunaan jaringan komputer pada perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan perusahaan dan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi perusahaan. Lebih penting lagi, jaringan komputer memperbaiki cara perusahaan menawarkan layanan perusahaan kepada pelanggan sedunia. Berikut beberapa manfaat tentang bagaimana jaringan komputer dapat membantu perusahaan:

Pertama, bermanfaat untuk berbagi sumber daya dengan biaya efektif. Jaringan komputer perlu dipersiapkan dengan baik. Dengan persiapan jaringan komputer yang baik maka akan mengurangi jumlah uang yang akan dikeluarkan oleh perusahaan untuk perangkat keras. Bagaimana? Dengan membuat jaringan komputer dan sharing hardware yang sudah perusahaan miliki. Sebagai contoh bila perusahaan memiliki sejumlah komputer yang tidak terhubung maka pilih printer sebagai contoh “perangkat keras yang perusahaan inginkan agar dimiliki karyawan”. Karyawan tidak dapat mencetak dokumen kecuali jika perusahaan membeli printer terpisah untuk setiap komputer. Membeli printer tambahan untuk masing-masing komputer yang tidak terhubung memerlukan uang yang bisa digunakan perusahaan berinvestasi sesuai dengan keperluan lainya. Bila perusahaan menghubungkan semua komputer dan printer perusahaan, maka perusahaan akan membuat hidup karyawan lebih mudah. Karyawan tidak perlu memasang USB drive, menyalin file, lalu berjalan ke komputer yang memiliki printer, mengulangi prosesnya. Mereka hanya akan menggunakan jaringan untuk terhubung ke printer secara langsung. File Sharing juga semakinmudah. Tidak perlu lagi berbicara tentang berkeliling menyalin file ke drive USB – dengan jaringan komputer, ini akan menjadi cerita masa lalu. Karyawan perusahaan bisa menyalin file ke dan dari komputer jaringan lain seolah-olah berada di komputer mereka sendiri. Sangat mudah bukan?

Kedua, bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi dan volume penyimpanan. Setelah perusahaan menghubungkan semua komputer, sifat menyimpan data akan berubah bagi perusahaan. Pertama-tama, perusahaan mendapatkan volume penyimpanan gabungan untuk semua komputer di jaringan. Untuk menggambarkan hal ini secara sederhana, mari melakukan beberapa matematika sederhana. Katakanlah perusahaan memiliki dua puluh komputer dengan dua terabyte drive masing-masing. Saat perusahaan menghubungkan komputer-komputer ini, maka perusahaan dapat mengatakan bahwa sekarang perusahaan memiliki 40 terabyte penyimpanan gabungan. Hal ini penting karena karyawan banyak menggunakan data bisnis. Katakanlah perusahaan memiliki beberapa file grafis. Masing-masing dari dua puluh karyawan perusahaan mungkin menggunakan file ini pada waktu yang berbeda. Tanpa jaringan, perusahaan harus menyimpan salinan file-file ini di masing-masing dari dua puluh komputer. Dengan jaringan, perusahaan hanya perlu menyimpan file di salah satu dari 20 komputer tersebut, atau server pusat. Dengan demikian mengurangi penggunaan storage sebesar 2000%. Jelas, beberapa data akan unik untuk karyawan, dan beberapa data akan menjadi data utama yang orang lain akan dan harus akses. Penyedia TI yang baik akan membantu perusahaan mengetahui hal ini saat menyiapkan jaringan perusahaan. Mereka juga akan membantu perusahaan memutuskan apakah perusahaan memerlukan solusi server terpusat atau jaringan peer-to-peer yang mendasar.

Sumber: http://www.inspiredtechs.com.au/computer-networking. Diunduh: Kamis, 21 Desember 2017 13:19:02


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close