School of Information Systems

BPM Dalam Bisnis Retail

Saat ini dengan semua teknologi di sekitar kita, maka tidak mengherankan bahwa keputusan pembelian yang banyak dipengaruhi oleh media digital, dan ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan retail. Retail memiliki masalah lain yang harus ditangani juga, seperti kejenuhan pasar, biaya tinggi, pelanggan dengan pendapatan sedikit dan kurangnya loyalitas pelanggan.

Optimasi di berbagai titik kontak

Untuk pelanggan sangat penting untuk dapat mencapai produk dengan semua cara yang mungkin: langsung dari toko, pada website, melalui katalog atau aplikasi mobile. Retail harus menyesuaikan strategi mereka memperhitungkan bahwa konsumen melakukan pembelian mereka melalui tablet dan smartphone, dan di bawah pengaruh saluran media sosial seperti YouTube dan Facebook. Terus mengoptimalkan titik kontak di mana pelanggan dapat mencapai produk sangat penting untuk Bisnis. Untuk itu, sangat diperlukan untuk mengotomatisasi dan menyatukan proses bisnus, mengidentifikasi hambatan dan membuat penyesuaian yang akan berkontribusi pada keberhasilan.

Kolaborasi dan integrasi

Jika kerjasama seluruh tim, kerja-kelompok, dan departemen diatur dengan baik, hasilnya pasti akan tinggi. BPM memungkinkan untuk menyelaraskan proses bisnis dan menghubungkan semua yang terlibat sedemikian mungkin sehingga mereka mampu bekerja sama, berkomunikasi, membuat alur baru dan menjaga hal-hal di bawah kendali.

Diagram Proses Bisnis

Proses ini benar-benar bebas repot: manajer pengadaan di HQ tidak harus menelepon atau mengirim e-mail ke setiap orang lain yang terlibat; data tidak bisa hilang karena semuanya disimpan dalam sistem, dan semua orang yang bertanggung jawab ditugaskan dengan tugas untuk menyelesaikan.

Real-time data

Jika ingin menawarkan kepada client dengan pengalaman terbaik maka harus selalu berpikir tentang meningkatkan kinerja perusahaan, dan yang itu membutuhkan membuat keputusan yang tepat. keputusan yang tepat memerlukan banyak data, dan BPM sangat membantu di sini, memberikan informasi real-time mengenai harga barang yang dijual perusahaan, persediaan, promosi dan pencegahan kerugian. Setelah semua data ini didapatkan, perusahaan dapat bertindak tepat waktu menggunakan data tersebut dan mengarsipkan hasil terbaik untuk perusahaan Anda.

Melakukan hal-hal  dengan mudah dan cepat

Perlu diingat bahwa selain dari inti proses,banyak lagi yang termasuk didalam bisnis retail seperti: harga, perencanaan, logistik, pemasaran dan sebagainya. Semua ini dapat ditangani dengan sempurna BPM.

Juga, setiap perusahaan dari bisnis retail untuk manufaktur peralatan listrik memiliki proses yang memakan banyak waktu, tetapi dapat dioptimalkan dan otomatis untuk hasil kerja yang lebih baik. Pertimbangkan proses seperti faktur atau persetujuan kontrak, permintaan cuti, dan penanganan surat masuk. Seringkali karyawan harus melakukan terlalu banyak langkah untuk menyelesaikan tugas ini, seperti melacak orang yang akan membaca dan menandatangani dokumen, sementara orang ini mungkin membuang waktunya mencoba untuk menemukan surat yang hilang tersebut.

Sugiarto Hartono