People Innovation Excellence
 

Aksiologi Ilmu Komputer (Part 1)

Aksiologi berasal dari bahasa Yunani, Axio (=nilai) dan Logos (=ilmu/teori), maka aksiologi sebagai teori tentang nilai membahas hakikat nilai. Dalam filsafat, teori tentang nilai ini mengacu kepada permasalahan etika dan estetika. Aksiologi memberi jawaban atas pertanyaan :

  • Untuk apa pengetahuan yang berupa ilmu digunakan
  • Bagaimana kaitan antara cara penggunaan ilmu tersebut dengan kaidah-kaidah moral
  • Bagaimana penentuan objek-objek yang ditelaah berdasarkan pilihan-pilihan moral

Filsafat ilmu banyak membahas pertanyaan seputar apakah ilmu bersifat bebas nilai atau tidak. Suatu tanggapan disebut sebagai pertimbangan nilai apabila didalamnya mengatakan sesuatu hal baik atau tidak, positif atau negative. Penentuan nilai tersebut didasarkan oleh asas moral keilmuan.

Dalam tataran praktis aksiologi berguna untuk menjaga ilmu pengetahuan dan teknologi tetap berjalan pada jalur kemanusiaan/berpihak pada kemanusiaan dengan cara:

  1. Menjaga dan memberi arah agar ilmu pengetahuan mencapai kebenaran hakiki dengan cara menjaga kejujuran dan tidak berorientasi pada kepentingan langsung pada setiap perilaku keilmuan.
  2. Pemilihan objek yang diteliti harus dilakukan secara etis, tidak merubah kodrat manusia dan merendahkan martabat manusia.
  3. Pengembangan Ilmu pengetahuan diarahkan untuk meningkatkan taraf hidup yang memperhatikan kodrat dan martabat manusia serta keseimbangan alam.

Sebagai sebuah ilmu pengetahuan, Ilmu Komputer harus menetapkan dimensi aksiologisnya sehingga dalam penerapan dan pengembangan ilmunya tidak kehilangan arah. Komputer merupakan sebuah artifact yang unik karena peran yang dimainkan dalam kehidupan manusia. Komputer berfungsi sebagai media penyimpanan sekaligus sebagai alat yang dapat digunakan untuk menghasilkan informasi sehingga ada permasalahan terhadap sejauh mana tanggung jawab pengguna atau provider terhadap hasil keluaran yang dihasilkan oleh komputer tersebut. Dalam perkembangannya kemajuan teknologi komputer seperti Kecerdasan Semu mengancam keberlangsungan beberapa jenis pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh manusia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close