People Innovation Excellence
 

BAGAIMANA MENJADI SEORANG DBA (part IV)

BAGAIMANA MENDAPATKAN PENGALAMAN ( DBA )

Sampai Anda mendapatkan pekerjaan DBA pertama – yang membutuhkan pengalaman – Anda harus benar-benar bekerja untuk membangun pengalaman memecahkan masalah sebenarnya. Salah satu pendekatannya adalah untuk melihat apakah Anda dapat bekerja dengan siapa pun yang mengisi peran DBA sekarang untuk atasan Anda saat Anda memiliki waktu luang atau saat mereka melakukan sesuatu yang menarik. Berpotensi Anda dapat memperluas ini sehingga Anda menjadi cadangan tidak resmi ke DBA, seseorang yang mereka percaya untuk melakukan tugas rutin jika DBA utama tidak tersedia.

Bagaimana jika Anda tidak memiliki DBA? Hal ini sangat umum terjadi pada perusahaan kecil. Biasanya seseorang di tim akan memiliki akses tingkat DBA tapi tidak benar-benar menjadi DBA yang dapat menyebabkan banyak pekerjaan administratif tidak dilakukan atau kurang dari solusi optimal yang diciptakan. Saat Anda melihat titik-titik rasa sakit, Anda mungkin bisa mengatasi masalah ini dan menemukan solusi yang disarankan. Pergilah perlahan, ajukan pertanyaan, dan perhatikan bagaimana reaksi orang lain bereaksi saat Anda menawarkan saran. Mendapatkan kesempatan untuk belajar dan bereksperimen jauh lebih penting daripada ‘memenangkan’ setiap diskusi.

Awasi kesempatan untuk menjadi sukarelawan untuk proyek apa pun yang mungkin mendorong pembelajaran. Ini mungkin merupakan proyek pekerjaan resmi atau kesempatan sukarela untuk konsultasi nirlaba atau konsultasi kecil setelah berjam-jam. Jika Anda dapat bekerja dengan SQL Server dan mendapatkan pengalaman, itu adalah kemenangan besar bagi Anda bahkan jika Anda bekerja secara gratis.

TEMUKAN ROLE MODEL ATAU MENTOR

Sulit untuk belajar menjadi DBA yang baik tanpa panutan. Namun, hal itu bisa dilakukan. Sebagian besar dari kita melakukannya dengan cara itu karena sangat umum menjadi satu-satunya DBA di perusahaan tapi pasti melakukannya dengan cara yang sulit. Minimal Anda ingin menemukan panutan secara lokal, seseorang yang berjalan di DBA dan bersedia memberi Anda waktu untuk Tanya Jawab sesekali. Idealnya, orang ini bisa menjadi mentor aktif: seseorang yang Anda hormati, yang melihat potensi di dalam diri Anda, dan bersedia menginvestasikan usaha untuk membantu Anda bertumbuh.

Kelompok pengguna dan mantan majikan adalah tempat yang tepat untuk mencari seseorang untuk mengisi peran ini. Mulai lamban, biarkan mereka mengenal Anda dan melihat apakah kimia itu terbentuk. Cobalah untuk membangun hubungan ke titik di mana Anda dapat bertemu atau berbicara selama satu jam setiap minggu atau setiap minggu lainnya. Mintalah mereka untuk memberitahu Anda tentang minggu mereka. Apa yang mereka kerjakan? Masalah apa yang mereka selesaikan? Mengapa mereka melakukan sesuatu dengan cara tertentu? Anda juga bisa menggunakan waktu itu untuk menanyakan pendapat mereka pada berbagai bagian teknologi saat Anda belajar, tapi jangan memandang mereka sebagai tutor. Mereka mengharapkan Anda untuk mengetahui sebagian besar dari itu dan mereka akan membantu Anda tetap fokus dan bergerak di jalur yang telah Anda pilih.


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close