People Innovation Excellence
 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ORACLE DATABASE

  1. Pengertian Oracle

Oracle adalah sebuah Database Management System (DBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi yang dapat memanipulasi database.

Oracle server menyediakan solusi yang efesien dan efektif karena kemampuannya dalam hal sebagai berikut :

  • Dapat bekerja di lingkungan client/server (pemrosesan tersebar)
  • Menangani manajemen space dan basis data yang besar
  • Mendukung akses data secara simultan
  • Performansi pemrosesan transaksi yang tinggi
  • Menjamin ketersediaan yang terkontrol
  • Lingkungan yang terreplikasi
  1. Sejarah Oracle

Oracle didirikan pada tahun 1977 oleh tiga orang programmer yang bernama Bob Miner, Ed Oates dan Larry Ellison yang kemudian menjabat sebagai CEO. Oracle pertama kalinya menyediakan system database yang dapat digunakan untuk kebijakan konvensional.

Selama berdiri sampai sekarang, Oracle telah terbukti dapat membangun masa depan di atas dasar inovasi dan pengetahuan mendalam untuk memenuhi tantangan pelanggan dan keberhasilan yang dianalisis oleh para pemikir bisnis kelas atas. Sekarang Oracle dapat ditemukan dihampir setiap industri dan pusat data. Oracle adalah perusahaan pertama untuk mengambangkan dan menyebarkan seratus persen internet-enabled software enterprise diseluruh lini produk database, aplikasi bisnis, pengembangan aplikasi dan alat pendukung keputusan.

Inovasi adalah mesin kesuksesan Oracle. Oracle merupakan salah satu perusahaan yang pertama untuk membuat aplikasi bisnis yang tersedia melalui ide internet. Oracle telah memperkenalkan produk baru Oracle Fusion Middleware dan fungsi onalitas yang mencermikan tujuan-tujuan perusahaan untuk menghubungkan semua tingkat tehnologi perusahaan, memastikan pelanggan mendapatkan akses pengetahuan yang dibutuhkan untuk merespon kondisi pasar dengan cepat dan leluasa.

Tiga puluh tahun Oracle berjaya, Oracle menjadi patokan untuk database teknologi dan aplikasi-aplikasi di dalam perusahaan diseluruh dunia, dari mulai perusahaan-perusahaan yang kecil sampai perusahaan-perusahaan yang besar  multinasional dan internasional.

 

  1. Perkembangan Oracle

1977 Oracle didirikan pertama kali

 1978 Oracle Versi 1 diluncurkan dalam bahasa assembly.

1979 Oracle Versi 2 dengan manajemen SQL database relasional system diluncurkan Perusahaan juga berubah nama menjadi Inc Perangkat Lunak Relasional (RSI) .

1982 RSI membuat system Oracle baru dan menjadi host pengguna pertama dalam konferensi di San Francisco.

1983 Oracle Versi 3 diciptakan dalam Bahasa pemrograman C dan merupakan RDBMS  pertama yang bisa dijalankan di mini-computer dan PC

1985 langsung meluncurkan Oracle Versi 5 yang menjadi system basis data yang  beroperasi di lingkunangan server.

1986 Oracle go dipublikasikan di bursa NASDAQ.

 1987 Oracle tercatat sebagai perusahaan basis data terbesar didunia.

1988 Oracle meluncurkan Versi 6, yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja dalam  system sementara

1989 Oracle dengan dukungan database transaksi online (OLTP) menyiapkan decade boomingnya internet

1990 Aplikasi Oracle Release 8 yang mencakup program akuntansi  untuk komputasi lingkungan server diluncurkan

1992 Oracle melakukan perubahan database dengan terobosan dan fungsi  dari beberapa perubahan  arsitektural.

1993 Oracle menulis ulang aplikasi bisnis untuk klien dan mengotomatisasi proses bisnis dari pusat data.

1994 Oracle menghasilkan evaluasi pertama di industri keamanan independen, menambahkan pihak ketiga untuk jaminan kekuatan Oracle.

1995 Oracle menjadi perusahaan perangkat lunak besar pertama internet yang konprehensif strategi.

1996 Oracle mengeluarkan Oracle7 Release 7.3 yang menjadi Univesal Server yang memungkinkan pengguna mengolah semua jenis data teks, video, peta, suara, atau gambar.

1998 Oracle Database 8 dan aplikasi 10.7 diluncurkan, oracle merupakan perusahaan komputasi pertama yang menggunanakan java sebagai bahasa pemrograman.

1999 Oracle mengumumkan Web strategi yang menawarkan kemampuan internet setiap pengguna Oracle dari dukungan teknologi XML dan Linuk ke Versi terbaru Lini Produk Oracle, seperti Aplikasi Oracle 11 dan Oracle8i Database.

2000 Oracle mengeluarkan Oracle E-Business Suite Release 11i

2001 Oracle 9i Database menambahkan Oracle Real Aplication Cluster yang memberikan pelanggan pilihan untuk menjalankan TI mereka dengan murah, perluasan kinerja server, skabilitas dan ketersidiaan dari database.

2002 Oracle meluncurkan Oracle Unbreakable yang mengedepankan keamanan system basis data.

2003 diluncurkan Oracle Database Oracle 10g yang melayani komputasi perusahaan sebagai sebuah utilitas sesuai permintaan.

2005 Oracle menyelesaikan akuisisi aplikasi saingan PeolpeSoft dan mengumumkan niatnya untuk mengakuisisi Siebel Sistem.

2006 Oracle menegaskan kembali komitmennya untuk mengembangkan standar komputasi dengan Unbreakable Linux.

2010 Inovasi berlanjut dengan Oracle Database 11g Release 2 untuk menurunkan biaya TI dan memberikan kualitas layanan yang lebih tinggi .

 

  1. Kelebihan dan Kelemahan Oracle
Kelebihan Kekurangan
Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi Merupakan software DMBS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk     dipelajari.
Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar. Dan Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menjalankan software   DMBS Oracle supaya berjalan dengan stabil.
Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga   didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user. Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocok untuk               perusahaan kecil maupun menengah.
Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi       tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar. Data yang bertambah ukurannya akan mengalami kelambatan proses, jadi harus ada database management
Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses         terhadap suatu database oleh database administrator. Harga yang sangat mahal untuk sebuah database dan penggunaan Oracle sangat         memakan banyak biaya, mulai dari device sampai diperlukannya DBA yang handal
Ketika kita mengakses database dan kemudian ada kejadian seperti listrik mati       misalnya maka data yang sudah kita simpan tidak rusak/hilang. Oracle memiliki    kemampuan flashback, sehingga semua jenis transaksi yang salah akan dapat          dikembalikan. Dan dapat menampung data dalam sekala besar.

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close