People Innovation Excellence
 

BAGAIMANA MENJADI SEORANG DBA (part II)

 KETRAMPILAN UNTUK BELAJAR PERTAMA ( DBA )

 Ada banyak hal yang harus dipelajari; bagaimana Anda memutuskan apa yang harus dipelajari terlebih dahulu? Fokus pada teori atau praktik? Filosofi saya adalah Anda harus mempelajari tugas yang paling sering Anda lakukan sebagai DBA, jenis tugas yang mungkin Anda hadapi di minggu pertama Anda. Jika Anda bisa melakukan hal-hal mendasar dan berhasil yang memberi Anda waktu untuk tumbuh dan belajar tentang hal-hal yang akan Anda gunakan lebih jarang. Berikut adalah beberapa keterampilan awal DBA harus memiliki:

  • Instal beberapa contoh SQL Server dan terapkan paket layanan terbaru, atur pekerjaan dan notifikasi email
  • Membuat dan mengelola login, pengguna, peran tingkat database, dan dapat menjelaskan dan memperbaiki pengguna orphaned
  • Sepenuhnya mengerti bagaimana menggunakan GRANT, REVOKE, dan DENY
  • Membuat dan memodifikasi tabel, tampilan, prosedur tersimpan, dan fungsi (SSMS & TSQL)
  • Tuliskan pertanyaan menggunakan INNER, LEFT, FULL, dan CROSS JOINS plus penggunaan CROSS / OUTER APPLY
  • Gunakan GROUP BY, COUNT, WHERE, HAVING, UNION, dan UNION ALL dalam query TSQL
  • Pahami model pemulihan dan bagaimana cara mengubahnya
  • Tahu cara melakukan ad hoc dan terjadwal FULL, DIFERENTIAL, dan LOG backup
  • Tahu cara mengembalikan backup, termasuk cara mengembalikan database dengan nama yang berbeda dan / atau ke lokasi yang berbeda
  • Pahami bagaimana indeks dan statistik bekerja, bagaimana membuatnya, dan bagaimana cara mempertahankannya

Itu bukan semua yang perlu Anda ketahui, tapi jika Anda bisa melakukan semua ini, Anda harus bisa mewawancarai DBA dengan tingkat menengah / menengah.

BAGAIMANA Anda BELAJAR TERBAIK ?

Saat Anda bertekad untuk memperoleh keterampilan di atas, Anda harus mencari tahu apa yang sesuai untuk Anda. Beberapa orang belajar secara efektif dari buku, yang lain tidak. Beberapa seperti video di mana mereka dapat melihat tugas yang sedang dilakukan, yang lain lebih menyukai artikel selangkah demi selangkah yang bisa mereka ikuti sesuai keinginan mereka sendiri. Beberapa memilih untuk pergi ke kelas di mana mereka bisa mendapatkan umpan balik segera, yang lain lebih memilih untuk memecahkan jawaban mereka sendiri. Kebanyakan orang akan menggunakan hibrida buku, artikel, video, kelas, dan diskusi forum untuk dipelajari, namun gunakan apa yang sesuai untuk Anda. Agar sukses, Anda harus bisa belajar sendiri. Tidaklah praktis untuk membayar semua kelas yang perlu Anda ambil untuk mempelajari semua hal yang perlu diketahui.

Ada banyak DBA sukses yang sepenuhnya otodidak. Mereka membeli buku, membaca artikel, dan menonton presentasi, lalu kembali dan mencoba teknik sampai mereka memahaminya dan bisa melakukannya. Ini adalah metode biaya yang paling efektif, dengan biaya mendekati nol jika Anda tidak menghitung investasi waktu, jika berhasil untuk Anda.


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close