People Innovation Excellence
 

BAGAIMANA MENJADI SEORANG DBA (part I)

DBA database SQL Server.

Penting untuk dipahami bahwa sebagian besar DBA berfokus pada satu produk; SQL Server adalah fokus dalam tulisan ini, namun yang lainnya fokus pada Oracle, DB2, MySQL, dan platform lainnya. Fokus diperlukan karena platform database adalah produk kompleks yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai. Sangat sulit mencapai level ahli dengan berbagai platform. Fokus juga penting karena kebanyakan bisnis melihat setiap produk sebagai silo. Mungkin ada tim DBA, namun di dalam tim itu biasanya setiap DBA mengkhususkan diri pada satu produk, atau bahkan subset dari produk. Dari perspektif praktis, masuk akal untuk berfokus pada SQL Server jika atasan Anda menggunakan produk tersebut. Jika tidak, belajar SQL Server mungkin terjadi tapi jauh lebih sulit tanpa kesempatan untuk menyelesaikannya dengan lingkungan produksi memecahkan masalah sebenarnya.

APA ITU SQL SERVER ?

Microsoft SQL Server ™ adalah perangkat lunak yang berjalan pada server Windows untuk tujuan mengizinkan pengguna menyimpan dan meminta data dalam database menggunakan bahasa yang disebut Transact SQL (TSQL). Pengguna akhir jarang berinteraksi langsung dengan SQL Server, malah mengakses data melalui laporan, halaman web, dan aplikasi custom. Database administrator menggunakan SQL Server Management Studio (SSMS) untuk mengelola perangkat lunak, database, dan pengguna yang berwenang untuk query data dalam database.
Tiga produk lain dikirimkan ‘dalam kotak’ dengan SQL Server dan sangat umum digunakan oleh administrator database. SQL Server Reporting Services (SSRS) digunakan untuk membuat, menyimpan, dan mengeksekusi laporan terhadap berbagai sumber data, termasuk SQL Server. SQL Server Integration Services (SSIS) digunakan untuk memuat dan mengubah data. SQL Server Analysis Services (SSAS) digunakan untuk membuat “cubes” yang biasanya digunakan dalam skenario data warehouse.
Database SQL adalah layanan Windows Azure yang menyediakan hampir semua fitur SQL Server. Hal ini juga memungkinkan untuk menjalankan SQL Server di mesin virtual yang dihosting di Windows Azure (atau layanan hosting awan lainnya).

PERAN DBA
Administrator Database ditugaskan untuk semua aspek pengelolaan SQL Server mulai dari pemasangan dan penambalan hingga pembuatan basis data untuk mengelola perizinan yang memungkinkan pengguna benar-benar menggunakan basis data. Tapi lebih dari itu, mereka bertanggung jawab untuk melindungi data dan memastikan bahwa tingkat kinerja tetap terjaga. Mereka sering bertindak sebagai penasihat internal tentang cara menggunakan SQL Server secara efektif. Ini adalah peran penting karena jika database hilang atau data hilang, bisnis dan pelanggannya segera merasakan dampaknya.

DBA PRODUKSI
Inilah peran yang kebanyakan orang pikirkan saat membahas administrasi database. DBA memiliki akses penuh ke database produksi dan biasanya yang ada di QA atau Development juga. Sebagian besar pekerjaan yang DBA Produksi lakukan adalah sebagai tanggapan atas permintaan atau acara, seringkali dalam bentuk permintaan perubahan atau tiket helpdesk (meja bantuan). Sering terjadi interupsi yang umum sehingga DBA yang baik harus pandai menyulap tugas dan memprioritaskan tugas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini bisa menjadi pekerjaan yang serba lambat atau serba cepat – itu bervariasi dari hari ke hari dan perusahaan ke perusahaan. Ini adalah peran yang sangat berbeda dari pengembang yang mungkin mengerjakan proyek selama beberapa minggu atau bulan sekaligus.
Seminggu yang khas untuk DBA Produksi mungkin mencakup jenis tugas ini:
• Menerapkan perubahan pada objek database yang telah diuji sebelumnya dan disetujui. Hal ini biasanya terjadi pada ‘jendela ganti’ yang ditunjuk yang terjadi setelah jam kerja normal.
• Menyegarkan database dalam pengembangan menggunakan salinan data produksi dan mengaburkan setiap data sensitif atau rahasia (backup / restore)
• Meninjau pekerjaan yang gagal dan memperbaiki atau mengacu pada pengembang yang tepat untuk penelitian
• Mengatasi masalah penurunan kinerja mendadak dengan aplikasi utama
• Memberikan akses pengembang baru untuk membaca / menulis data dalam database
• Menyebarkan paket SSIS dan menciptakan pekerjaan untuk menjalankannya
• Meninjau perubahan database yang diajukan untuk memastikan mereka memenuhi standar perusahaan, tidak memiliki masalah keamanan, dan akan menggunakan sejumlah sumber daya server yang sesuai

MENJADI DBA – lanjut ke part II


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close