People Innovation Excellence
 

PROPOSISI NILAI MODEL DATA

TIGA CARA MENGHITUNG ROI

Ada tiga cara klasik untuk menghitung ROI:

  1. Peningkatan pendapatan, cukup diungkapkan, berarti bahwa sebuah organisasi akan menghasilkan lebih banyak uang sebagai hasil dari pelaksanaan proyek yang diberikan. Sistem seperti itu secara langsung mempengaruhi intinya.
  2. Penghematan biaya mengacu pada manfaat proyek yang dapat ditambahkan kembali ke anggaran dan pengeluaran. Sebagai contoh, sebuah organisasi menegosiasikan penurunan 10 persen dalam harga kontrak konsultasi, menghasilkan penghematan sebesar $ 100.000 pada tahun itu. Ini adalah contoh penghematan biaya atau pengurangan.
  3. Penghindaran biaya juga menyebabkan pengeluaran di masa depan turun, namun dengan memperlambat laju kenaikan biaya. Misalnya, sebuah organisasi menolak usaha vendor untuk menaikkan harga hingga 5 persen, sehingga agen tersebut menghindari pengeluaran tambahan $ 200.000 tahun itu. Tanpa penghindaran biaya ini, belanja masa depan akan meningkat lebih banyak.

MANFAAT PEMODELAN DATA

Pemodelan data secara klasik memberikan banyak manfaat; di antaranya adalah sebagai berikut:

Definisi persyaratan data yang lebih baik. Pemodelan data memberikan fokus yang jelas pada persyaratan di luar pemodelan kasus penggunaan apa yang dapat muncul. Ini dapat secara efektif berfokus pada peraturan yang mengatur hubungan antar elemen.

Perkembangan lebih cepat. Lebih cepat melakukan proyek dengan pemodelan data daripada melakukan proyek yang sama tanpa itu karena pemodelan data adalah disiplin yang diketahui, memiliki aturan yang melekat, didukung oleh basis pengetahuan, memisahkan bisnis dari teknologi, dan secara alami menghasilkan pertanyaan yang memperkaya.

Mengurangi pemeliharaan dalam hal koreksi kesalahan. Pemodelan data memiliki prinsip sederhana, ketergantungan fungsional, yang menyatakan bahwa data ditempatkan pada tempatnya. Pemodelan data memberikan aturan untuk menentukan ketergantungan fungsional. Hal ini mengurangi kejadian data yang salah letak, yang sulit untuk diperbaiki, dan menghilangkan data yang tidak perlu berlebihan.

Kualitas data yang lebih baik. Ini memerlukan validasi data dan aturan edit, ditambah fokus pada aturan bisnis.

Lebih banyak penggunaan kembali aset data. Akan memanfaatkan aset yang diketahui dan memungkinkan konsistensi yang lebih baik antara database dan aplikasi.

Manajemen perubahan yang lebih mudah. Karena model data menyediakan satu sumber untuk pengetahuan data, perubahan lebih mudah diterapkan.

Integrasi sistem yang lebih baik. Ini adalah persyaratan utama hari ini karena prevalensi merger dan akuisisi.

Manfaat ini diterjemahkan langsung ke dalam proposisi nilai untuk pemodelan data. Proposisi nilai adalah inovasi, layanan, atau fitur yang dimaksudkan untuk membuat perusahaan atau produk menarik bagi pasar. Dengan demikian, manfaat-manfaat tersebut dapat digunakan dalam menentukan model data, khususnya dalam model data yang diterapkan dalam perusahaan. Sehingga dapat memberikan proposisi nilai yang baik dan bermanfaat untuk perusahaan.

 

Sumber : TOM HAUGHEY, INFOMODEL, LLC


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | School of Information Systems http://sis.binus.ac.id/
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close