People Innovation Excellence
 

THE ROI OF DATA MODELING 2

STANDAR ENTERPRISE

Jika model data perusahaan tersedia, maka sebaiknya digunakan sebagai panduan, dan bagian yang relevan dapat digunakan untuk memulai sebuah proyek. Organisasi harus memiliki standar pemodelan data, standar penamaan, dan standar metadata, dan ini harus digunakan.

TIGA JENIS SISTEM

Pemodelan data relevan untuk semua jenis sistem.

  1. Perkembangan baru, dimana sistem dibangun dari nol. Berikut pemodelan data yang digunakan dalam pendekatan top-down / bottom-up / middle-out konvensional.
  2. Pemeliharaan, di mana perubahan dan penyempurnaan diterapkan pada sistem yang ada. Disini reverse engineering pertama kali diterapkan pada database yang ada, model yang dihasilkan ditingkatkan, dan kemudian model data diperluas seperti pada perkembangan baru.
  3. Perkembangan yang cepat, di mana proyek dilakukan dengan sedikit kemajuan yang berulang melalui analisis, disain dan konstruksi yang bertahap. Disini pemodelan data terjadi pada setiap kenaikan.

PENEMPATAN PEMODELAN DATA (LOGIS & FISIK)

Dalam business intelligence, dua model pelengkap dapat digunakan: model gudang data terpusat yang lebih dinormalisasi, dan model struktur pelaporan yang lebih terdefinisi. Keduanya mengandalkan pemodelan data. Dalam sistem operasional, secara tradisional terdapat korespondensi yang jelas antara model data dan implementasinya.

NOSQL memiliki beberapa perbedaan, bahkan dalam sistem NOSQL transaksional. Model konseptual dan logis masih mewakili data dan kendalanya. Ini dapat dan harus dilakukan dengan menggunakan pemodelan ER bahkan di NOSQL karena bahkan struktur data NOSQL harus mematuhi peraturan bisnis. Model fisik adalah tempat perbedaan sebenarnya. Hal ini didasarkan pada analisis kueri dan merupakan implementasi NOSQL yang unik. Misalnya, jika penyimpanan data NOSQL bersifat hirarkis, maka dalam model fisik inilah muncul. Jika menggunakan NOSQL, akan ada transisi yang lebih besar antara model logis dan fisik.

Database berorientasi kolom dapat mencapai perbaikan besar dalam kinerja kueri analitik. Orientasi kolom terjadi pada lapisan penyimpanan, bukan lapisan logis. Akibatnya, pemodelan ER, yang sangat didorong oleh analisis kueri, masih relevan.

Data besar menyajikan kasus lain. Dengan sifatnya, data besar tidak sesuai dengan pemodelan data terlebih dahulu. Meski begitu, data besar pun tidak bisa secara spontan terbakar sesuai pesanan. Pola awalnya harus ditemukan sebelum bisa dimodelkan.

Model data dapat memainkan beberapa peran. Mereka dapat digunakan untuk melayani sebagai lapisan abstrak yang digunakan untuk mengelola data yang tersimpan dalam perangkat fisik. Hari ini kita memiliki sejumlah besar data dengan berbagai format yang tersimpan dalam semua jenis perangkat. Model data yang besar dapat menyediakan lapisan logis untuk mengelola data ini, dan dapat menawarkan arsitektur data dasar untuk menggunakan aplikasi, yang akan mengurangi biaya pengembangan dan memanfaatkan penggunaan kembali data. Beberapa data besar mungkin bersifat sementara

Pemodelan itu tidak masuk akal karena akan digunakan dan kemudian dibuang atau diganti.

Sumber : TOM HAUGHEY, INFOMODEL, LLC


Published at : Updated
Written By
Sulistyo Heripracoyo
Subject Content Coordinator | Information System, Binus University http://sis.binus.ac.id
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close