People Innovation Excellence
 

Pengenalan Aplikasi Pengolahan Gambar : Photoshop

Pengenalan Aplikasi Pengolahan Gambar : Photoshop

Saat ini sangat banyak aplilkasi pengolahan gambar. Salah satu aplikasi pengolahan gambar yang terkenal saat ini dan banyak digunakan adalah Photoshop yang dikeluarkan oleh perusahaan adobe.

Apakah Program Adobe Photoshop itu ?

Adobe Photoshop adalah sebuah program pengolahan gambar yang cukup terkenal dan dipakai banyak orang untuk berbagai keperluan seperti editing, coloring, pembuatan tekstur dan perancangan halaman web.

Beberapa bagian penting dari Workspace Adobe Photoshop diantaranya :

 Menu Bar : Berisikan daftar menu perintah yang digunakan untuk kebutuhan pengolahan seperti menyimpan gambar, membuka file baru, dan lain-lain

 Toolbox : Palet yang berisikan tombol – tombol perintah yang digunakan untuk melakukan pengolahan gambar

 Option Bar : Daftar perintah tambahan perintah sesuai dengan toolbox yang dipilih

 Document Window : Merupakan area kerja di mana gambar ditampilkan untuk diolah

Berikut adalah tools dalam toolbox yang digunakan dalam photoshop :

Toolbox merupakan kumpulan dari tool-tool yang digunakan untuk melakukan pengeditan gambar seperti mewarnai gambar, menseleksi gambar dan lain-lain.

 

Pengenalan Layer

Layer adalah suatu lembaran yang digunakan untuk mempermudah pengerjaan suatu gambar. Layer biasanya terletak di kiri bawah. Konsep dari layer adalah layer yang berada paling atas merupakan layer yang paling dominan dan menutup layer yang ada di bawahnya.

Untuk mengerti konsep layer silahkan anda mencoba mempraktekkan hal ini :

 Buatlah file baru kemudian buatlah sebuah layer baru kemudian warnai seluruh bidang gambar dengan warna merah (gunakan paint bucket tool).

 Kemudian buatlah layer baru diatasnya kemudian warnai bidang gambar dengan warna biru, maka seluruh bidang gambar akan tertutup warna biru. Lalu ke manakah warna merah yang tadi menutupi bidang gambar tadi? Warna merah tersebut tidak hilang tapi hanya tertutup layer yang diatasnya yang berwarna biru, ini bisa kita lihat dengan cara menghapus layer yang berada di atasnya.

Selain itu layer juga berguna untuk memisahkan objek gambar sehingga mudah untuk diedit contohnya jika kita menggambar sebuah karakter kemudian kita memisahkan tangan, kaki, dan badan pada layer tersendiri maka jika kita salah mengedit tangan maka kita tidak perlu melakukan pengeditan ulang pada tangan, kaki dan badan. Cukup menghapus layer yang memuat gambar tangan tersebut.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close