People Innovation Excellence
 

Pengenalan IOS – Part 3

Pada dasarnya, pembuatan aplikasi atau pun website – website selalu menggunakan aplikasi dan bahasa – bahasa yang berbeda. Begitu juga dengan pembuatan aplikasi pada operating sistem IOS ini. Pada IOS, bahasa pemrogramman yang banyak di gunakan adalah Swift dan Objective-C. Swift dan Objective-C adalah bahasa pemrogramman pokok yang di gunakan untuk membangun sebuah aplikasi pada IOS.

Swift adalah bahasa pemrograman yang kokoh dan intuitif yang diciptakan Apple untuk mengembangkan aplikasi untuk iOS, Mac, Apple TV, dan Apple Watch. Bahasa ini didesain untuk memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengembang. Swift mudah digunakan dan bersifat sumber terbuka (open source), jadi, siapa pun yang memiliki ide dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Sedangkan Objective-C merupakan bahasa yang tepat untuk dipelajari. Bahasa pemrograman ini tergolong ke dalam bahasa yang sulit untuk dipelajari, akan tetapi bahasa pemrograman Objective-C mempunyai kelebihan yang dapat menjadi salah satu alasan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Kemudian ada juga beberapa aplikasi untuk membuat sistem atau aplikasi IOS itu sendiri. Contohnya adalah iBuildApp, tetapi pada dasarnya, dari pihak apple sendiri pun mendukung sebuah aplikasi yaitu Xcode. Xcode adalah suatu alat pemrograman besutan Apple untuk membuat aplikasi yang dijalankan dalam lingkungan Apple (iOS dan MacOS). Alat pemrograman seperti Xcode ini biasa disebut juga dengan Integrated Development Environment (IDE), seperti Visual Studio dan Eclipse.

Xcode mendukung beberapa bahasa pemrograman seperti C, C++, Objective C dan yang terakhir mendukung bahasa Swift yang tersedia pada Xcode 6. Seperti pada umunya IDE, maka Xcode menyediakan semua kebutuhan pemrograman seperti editor, compiler, debugger dan run-time simulator.

Selain itu Xcode juga dilengkapi dengan fasilitas management pengembangan aplikasi seperti repository dan version control. Xcode terintegrasi dengan aplikasi git dan memudahkan kita untuk melakukan kegiatan software configuration management untuk kerja team.Untuk Xcode 6, karena saat ini belum release, hanya developer yang terdaftar saja yang bisa mendownloadnya.

Untuk menginstalnya, sama seperti cara install aplikasi lainnya. Tetapi jika anda sudah menginstall Xcode 5 sebelumnya, anda punya dua pilihan, yaitu ingin mengganti Xcode 5 dengan Xcode 6 atau membiarkan kedua aplikasi tersebut terinstall. Kalau tidak ada proyek lainnya sebelumnya, mungkin sebaiknya install Xcode 6 saja dengan mereplace Xcode versi sebelumnya.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close