People Innovation Excellence

Pengenalan IOS – Part 2

Sistem operasi iOS merupakan sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple dan menjadi sistem operasi utama pada produk gadget mereka. Berbeda dengan android, sistem operasi iOS hanya dikembangkan oleh Apple sedangkan Android dikembangkan oleh berbagai vendor. Hal ini tentu ada kelebihan dan kekurangan sistem operasi iOS.

Inilah kelebihan sistem operasi iOS:

  • Performa iOS Lebih mantap jika dibandingkan dengan android.
    Bagi kalian yang sudah menggunakan sistem operasi iOS dan android tentunya akan mengetahui dari segi performa iOS akan lebih baik. Kecepatan dalam load aplikasi terbukti lebih cepat dan stabil. Dukungan terhadap software Update. iOS sangat memperhatikan bug atau celah yang bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk meretasnya. Namun dengan dukungan update dari Apple ini diharapkan bisa membantu meminimalisir adanya bug sehingga sistem operasi iOS lebih aman.
  • Aplikasi di AppStore yang Terkontrol
    Apple memiliki Appstore yang bisa digunakan untuk mendownload aplikasi untuk devicenya. Semua aplikasi yang masuk ke Appstore sangat ketat dalam pengawasan Apple. Apple akan menyeleksi setiap aplikasi yang masuk ke Appstore dan memastikan aplikasi yang beredar aman untuk penggunanya. Hal ini dilakukan semata mata untuk melindungi keamanan pengguna.
  • Fitur Kemanan yang Canggih
    Jika device hilang dan tidak bisa di temukan, pengguna bisa mengunci keamanan data kalian yang ada pada device dengan icloud yang bisa pengguna akses juga melalui website. Pengguna bisa masuk ke comlalu sign in dengan Apple id Kalian. Selain itu dari passcode yang digunakan pada perangkat iOS sendiri tidak akan mudah dibobol. Tidak seperti android yang hanya dengan melakukan factory reset sudah bisa membuka perangkat.
  • User Interface yang mudah Dipahami
    Ketika pengguna menggunakan iOS kita tidak akan dibingungkan dengan tampilannya. iOS sangat mudah di operasikan karena tampilan user interface mudah dipahami bahkan orang yang baru pertama memegangnya.
  • Harga Jual Perangkat Cenderung stabil
    iOS digunakan pada perangkat yang bisa dibilang memiliki keunggulan dari segi harganya. Dari harga baru, jika dijual lagi perangkat iOS masih memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan smartphone apple memiliki desain dan kualitas premium.
  • Performa iOS Lebih Ringan
    Walapun sama sama memiliki ram 1 GB, jika dibandingkan dengan android iOS terasa lebih ringan dan bahkan tanpa hang. Berbeda dengan android yang memakan banyak kinerja ram namun iOS hanya sedikit memakan ram sehingga ketika membuka banyak aplikasi sekaligus tidak mempengaruhi performanya.

Selain kelebihan, ada pula kekurangan iOS. Berikut ini adalah beberapa Kekurangan iOS :

  • Hanya digunakan pada Produk Apple
    Seperti yang kita ketahui, sistem operasi iOS hanya diperuntukan oleh produk dari Apple seperti iPhone, iPad dan iPods. Hal ini tentunya akan sangat disayangkan para selain pengguna perangkat apple.
  • Harga Perangkat Relatif Mahal
    Kekurangan iOS yang lain diantaranya adalah harga perangkat yang dijual relatif mahal. Tidak seperti perangkat android, perangkat iOS seperti iPhone, iPad dan iPod dijual dengan harga yang cukup mahal. Tentunya perangkat iOS ini hanya orang kalangan menengah keatas yang kemungkinan besar memilikinya.
  • Tidak Ada slot Memory Tambahan
    Salah satu kekurangan dari sistem operasi iOS yang sangat memberatkan bagi penggunanya adalah tidak adanya slot memory eksternal. Terutama jika perangkat kita hanya memiliki kapasitas memori internal yang sedikit tentunya akan sangat membingungkan. Tentunya apple sendiri memiliki alasan kenapa perangkat mereka tidak dibekali slot memori eksternal.
  • Aplikasi Banyak yang Berbayar
    Selain banyak aplikasi yang beredar secara gratis di iOS, tidak sedikit pula aplikasi yang berbayar. Inilah yang menjadikan salah satu kekurangan iOS jika dibandingkan dengan android. Namun kalian tidak perlu khawatir karena aplikasi yang berbayar adalah aplikasi tertentu dan tidak semuanya berbayar.
  • Selalu Menggunakan itunes
    Berbeda dengan perangkat android, perangkat iOS akan selalu membutuhkan itunes untuk menambahkan aksesoris seperti mp3 dan video. Hal ini sebagian orang dianggap terlalu ribet.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close