People Innovation Excellence
 

Nonaka and Takeuchi SECI Model

Tacit Knowledge adalah pengetahuan yang ada di dalam otak/pikiran seseorang sesuai dengan pemahaman, keahlian dan pengalaman sendiri. Biasanya pengetahuan ini tidak terstruktur, susah untuk didefinisikan dan dituangkan dengan bahasa formal dan isinya mencakup pemahaman pribadi. Pengetahuan ini umumnya belum terdokumentasi karena pengetahuan ini masih ada pada keahlian atau pengalaman seseorang, jadi masih ada tersimpan di pikiran masing-masing. Sedangkan explicit knowledge adalah pengetahuan yang telah dikumpulkan serta diterjemahkan dan dituangkan ke dalam suatu bentuk dokumentasi sehingga lebih mudah dipahami dan disebarluaskan untuk orang lain. Pengetahuan ini bersifat formal, sistematis dan mudah untuk dibagikan ke orang lain dalam bentuk dokumentasi karena pada umumnya merupakan pengetahuan yang bersifat teori dimana memudahkan para ahli untuk membagi pengetahuannya kepada orang lain bisa melalui buku, artikel dan jurnal tanpa harus bertemu langsung unutk memberi tahu orang lain tersebut.

Dalam proses sharing knowledge tentunya ada beberapa bentuk. Salah satunya menurut Nonaka dan takeuchi, ada 4 mode dalam konversi knowledge. Model yang dimaksud disebut dengan SECI model. Berikut adalah penjelasan dari seci model. SECI sendiri merupakan singkatan dari Socialization, Externalization, Combination, dan Internationalization. Keempat model inilah yang dibahas.

            Berikut adalah beberapa contoh penerapan SECI model dalam perusahaan:

  • Honda mengadakan brainstorming camps, di mana semua karyawan berdiskusi di luar tempat kerja. Yang dilakukan adalah murni berdiskusi semua karywawan tanpa memandang kualifikasi khusus. Diskusi ini bertujuan untuk mengatasi masalah, mengembangkan produk baru maupun meningkatkan kinerja perusahaan. Disini terjadi sharing knowledge antara karyawan secara informal, ini termasuk dalam mode socialization
  • Canon memutuskan untuk mendesain produk mini cooper terbaru tetapi dengan konsep yang berbeda, yaitu dengan harga yang lebih murah. Semua anggota project memikirkan bahan apa yang bisa digunakan tetapi tidak dengan harga yg tinggi. Saat sedang brainstorming tiba-tiba salah satu anggota terinsipirasi saat melihat sesuatu yang memiliki bahan sama dan bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan mini cooper yang mereka cari. Setelah mendapat inspirasi, langsung dicatatat dan dijadikan konsep. Ini adalah tahapan externalization di mana berdasarkan pemahaman dan dijadikan sebuah dokumentasi.
  • Kraft general foods merencanakan ingin mengembangkan sistem POS(Point of Sales) yang bukan hanya mencatat penjualan tetapi juga informasi mengenai pembeli. Informasi ini nantinya akan digunakan untuk membuat model baru penjualan dengan mengkombinasi produk dan jasa dan lainnya. Dengan adanya POS yang mengumpulkan dan mengalisis informasi, membantu marketing dalam membuat program strategi marketing. Ini adalah contoh dari tahapan combination dimana sesame informasi formal yang terdokumentasi dikembangkan atau digunakan untuk menjadi informasi baru.
  • General electrics mengembangkan sistem yang bisa mendokumentasi semua complain dan pertanyaan dari pelanggan di database sehingga bisa diakses oleh semua karyawan. Pada tahap ini terjadi mode internationalization dimana pada mode ini, bersumber dari dokumentasi menjadi pengetahuan bagu individu-individu dalam menambah pengalaman untuk mengatasi permasalahan dan menjawab pertanyaan pelanggan.

Referensi:

Kimiz Dalkir,,. (-). Knowledge management in theory and practice. 02. TMP. Cambridge. ISBN: 9780262015080.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close