People Innovation Excellence
 

Sources of Innovation

Gambar 1 : Macam-macam Sumber Inovasi

Sumber inovasi ada berbagai macam, terdapat beberapa hal yang dapat memberikan suatu inovasi antara lain adalah :

  1. Perubahan pada sistem : suatu kejadian yang dapat menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada dunia dan membuat masyarakat berpikir untuk menemukan suatu suatu jalan keluar dan mengharuskan masyarakat membuat suatu inovasi yang baru.

Contoh : Dahulu kamera smartphone hanya terdapat pada bagian belakang saja, tetapi karena masyarakat agak sulit ketika ingin mengambil dirinya sendiri, maka dibuat smartphone dengan kamera depan.

  1. Suatu musibah atau kecelakaan : kejadian yang tidak terduga yang dapat membuat suatu perubahan inovasi untuk memperbaiki sistem tersebut.

Contoh : Sekarang terdapat aplikasi smartphone yang dapat sikronisasi dengan BMKG agar bila terjadi suatu bencana alam dapat langsung ditangani dengan segera.

  1. Melihat orang lain : inovasi dapat muncul ketika kita melihat orang lain melakukan sesuatu, lalu muncul ide baru untuk membuatnya lebih berbeda.

Contoh : Ketika melihat penjual ayam goreng yang memiliki banyak rasa seperti keju dan barberque. Lalu seseorang dapat memulai ide misalkan memikirkan ayam goreng dengan rasa buah-buahan,seperti rasa jeruk atau strawberry.

  1. Kombinasi dari suatu inovasi : inovasi dari orang lain ataupun diri sendiri dapat digabungkan dengan inovasi yang berasal dari sumber lain sehingga menjadikan suatu gabungan inovasi yang semakin baik.

  1. Regulasi : sistem peraturan dalam berinovasi dapat dari dalam ataupun dari luar suatu individu ataupun organisasi.

Contoh : Perusahaan Nokia menyelenggarakan kompetisi bagi para innovator muda untuk membuat suatu ide aplikasi yang baru dan berguna bagi perusahaan Nokia.

  1. Periklanan : suatu bentuk inovasi dapat berupa dari suatu iklan yang kreatif. Sehingga muncul ide baru setelah melihat suatu iklan.

  1. Insprirasi : ide inspirasi dapat muncul ketika mungkin bila seseorang dalam keadaan berpikir atau sedang brainstorming dengan orang lain. Ataupun dapat muncul ketika sedang melakukan sesuatu kegiatan lainnya.

  1. Tekanan dari Pengetahuan : suatu inovasi muncul karena dasar pengetahuan yang telah dipelajari dan dipahami dalam suatu bidnag pengetahuan.

Contoh : Pengetahuan bidang mesin, sehingga orang tersebut dapat membuat misalnya berinovasi motor yang memiliki tutup di bagian atas motor sehingga tidak terkena hujan.

  1. Perlunya tarikan dari permintaan pasar : perlunya suatu daya tarikan untuk menjadikan seseorang ingin selalu berinovasi atau menciptakan sesuatu hal yang baru yang menjadi kebutuhan pasar saat ini.
  2. Menjadikan seorang pengguna menjadi seorang innovator : pemikiran seorang users harus diubah dari sekarang, jangan hanya bisa menggunakan saja, alangkah lebih baiknya bila dapat menciptakannya dan menjadi berguna bagi masyarakat

Contoh : Seorang gamer yang tiap harinya hanya bermain game computer saja. Tetapi lebih baik lagi apabila, gamer tersebut dapat lebih produktif, misalnya mencoba berinovasi membuat game yang lebih bagus dan berbeda dari game yang dia mainkan sehari-hari.

  1. Menjelajahi segala kemungkinan yang terjadi di masa depan : pada jaman sekarang semua teknologi internet dapat menjadi sumber daya yang cukup untuk menambah pengetahuan dalam berinovasi ,sehingga mulai dari sekarang harus menggali segala potensi dalam berbagai bidang kehidupan. Hal mana saja yang dapat dijadikan bahan referensi untuk membuat suatu terobosan baru yang baik dan tepat.

Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close