School of Information Systems

Implementasi e-Business

  1. Pengertian e-Business

E-business menurut Steven Alter (Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall.2002) adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi komputer dan data yang telah terkomputerisasi.

 Dengan kata lain, e-Business adalah kegiatan menjalankan dan mengelola bisnis melalui media elektronik untuk memperoleh keuntungan.

2. Implementasi e-Business

Dalam pengimplementasian e-business, terdapat beberapa konsep/strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

ERP (Enterprise Resource Planning)

Merupakan strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

EAI (Enterprise Application Programs)

Merupakan strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan dapat bertukar informasi.

CRM (Customer Relationship Management)

Merupakan strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.

SCM (Supply Chain Management)

Merupakan strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.

3. Manfaat implementasi e-Business

  • Meningkatkan kinerja dari operasional perusahaan
  • Meningkatkan peluang akses baik ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas
  • Meningkatkan keefektifan dan keefisienan perusahaan
  • Mempermudah dalam pengelolaan asset perusahaan
  • Meningkatkan layanan kepada pelanggan agar terus berkualitas
  • Meningkatkan komunikasi semua stakeholders
  • Mengatasi segala kesenjangan digital
  • Memanfaatkan media untuk mempromosikan kompetensi perusahaan
  • Memperlancar proses transaksi bisnis
  • Merupakan salah satu sarana dari penyebaran informasi dengan secara luas melalui internet

4. Contoh implementasi e-Business

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang mengkhususkan pada bidang pelatihan, PT. Inixindo cukup banyak menerapkan aspek e-bisnis, salah satunya adalah Customer Relationship Management dengan mengandalkan aplikasi SugarCRM.

Dengan memanfaatkan teknologi CRM, perusahaan dapat menjaga relasi dengan klien dan dapat mengelola bisnis untuk meningkatkan prospek masa depan. Penerapan CRM yang memanfaatkan perangkat lunak adalah salah satu tujuan PT. Inixindo dalam program Green ICT yakni mendukung penghijauan dalam bidang teknologi informasi dengan mengurangi penggunaan kertas.

Sebagai perusahaan penyedia jasa pelatihan TI, PT. Inixindo yang telah berdiri sejak tahun 1991 telah memiliki ribuan klien mulai dari instansi negara, perusahaan swasta hingga perorangan. Oleh karena itu, manajemen relasi dengan pelanggan adalah salah satu hal penting dalam proses bisnis perusahaan.

Sumber:

http://witaaps.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-e-business.html

http://nisrinahertzy.blogspot.co.id/2014/12/strategi-dan-implementasi-e-business.html

https://ekasandyayuda.wordpress.com/2015/03/06/penerapan-e-business-pada-pt-inixindo-persada-rekayasa-komputer/

Junyati