People Innovation Excellence

Pengenalan Mobile

Pada abad 19, teknologi telah berkambang dan terus berkembang hingga terciptanya handphone atau bisa juga disebut dengan telefon genggam. Kemudian pada abad 20, perkembangan teknologi semakin pesat perkembangannya hingga terciptanya internet. Internet ini memicu untuk semua teknologi untuk berkembang dan maju lebih dari yang dibayangkan sebelumnya, terutama untuk handphone atau telefon genggam. Mulai dari website yang dapat di akses dengan mobile view atau responsif dengan tampilan handphone, hingga aplikasi yang dapat terhubung dengan internet dan bahkan aplikasi yang membutuhkan internet untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut.

Mobile adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memungkinkan setiap pemakai melakukan mobilitas dengan perlengkapan PDA-asisten digital perusahaan pada telepon genggam atau seluler. Android dan iOS merupakan sistem operasi mobile yang untuk saat ini merajai pasaran. Aplikasi mobile juga dikenal sebagai web app, online app, iPhone app atau smartphone app.

Aplikasi mobile merupakan peningkatan dari sistem perangkat lunak terpadu yang umumnya ditemukan pada PC Desktop. Pada awal kemunculannya, aplikasi menyediakan fungsionalitas yang terbatas dan terisolasi seperti permainan, kalkulator atau mobile Web browsing sehingga aplikasi sangat dihindari karena multitasking yang ‘memakan’ sumber daya hardware perangkat mobile yang awalnya cukup terbatas. namun, jaman sekarang ini dengan dukungan sumber daya hardware yang lebih tinggi, aplikasi telah menjadi hal yang tak terpisahkan dengan perangkat mobile sebab mereka mampu melakukan apapun dengan mudah.

Aplikasi mobile paling sederhana mengambil aplikasi berbasis PC dan porting ke perangkat mobile. Kini para ahli mengembangkan aplikasi khusus untuk lingkungan mobile, mengambil keuntungan dari keterbatasan dan keuntungan. Sebagai contoh, aplikasi yang menggunakan fitur-fitur berbasis lokasi inheren dibangunkan dari chip micro mobile, ini mengingat bahwa smartphone mobile tidak memiliki konsep yang dengan PC komputer.

Kemudian mulailah muncul berbagai aplikasi – aplikasi yang di buat oleh para developer. Mulai dari aplikasi mobile yang membantu para penggunanya untuk lebih mudah berinteraksi satu sama lain, membantu para penggunanya dalam hal jual – beli barang, hingga aplikasi petunjuk jalan. Aplikasi – aplikasi ini di buat Karena banyaknya keluhan – keluhan dari masyarakat sendiri yang membuat developer untuk membangun aplikasi – aplikasi tersebut. Dan hingga munculnya aplikasi yang menggunakan suara untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut contohnya seperti Google Assistant yang dibuat oleh Google. Dari aplikasi ini akan membuka peluang baru lagi bagi para developer untuk terus mengembangkan aplikasi – aplikasi seperti Google Assistant ini.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close