People Innovation Excellence

Business Processes in Human Capital Management

Salah satu modul SAP yang sedang banyak dibutuhkan saat ini adalah modul Human Capital Management. Sebenarnya apa yang dipelajari pada modul ini? Modul ini berfokus pada penerimaan karyawan baru pada sebuah perusahaan, serta me-maintain karyawan tersebut. Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai proses bisnis yang terdapat pada modul Human Capital Management.

  1. Organizational Management
    Tahap pertama yaitu organizational management, dimana pada tahap ini dibuat struktur organisasi dari sebuah perusahaan. Tahap ini merupakan tahap terpenting pada modul Human Capital Management. Apabila telah menjalankan tahap ini, maka dapat dilanjutkan ketahap-tahap lainnya.
  1. Applicant Data
    Pada tahap ini dilakukan proses recruitment, dimulai dari pembukaan lowongan pekerjaan, memasukan data-data pelamar, dan untuk karyawan internal maka biasanya untuk perubahan posisi.
  1. Personnel Management
    Integrasi dari Recruitment dan Personnel Administration memungkinkan data pelamar untuk ditransfer menjadi data karyawan.. Data karyawan disimpan pada mySAP ERP HCM sebagai infotype. Data dapat ditampilkan, disalin, dikoreksi dan dihapus.
  1. Personnel Development
    Pada tahap ini, pengembangan karyawan dapat direncanakan dan direalisasikan. Selain itu edukasi dan pelatihan untuk karyawan juga diterapkan pada tahap ini, terintegrasi dengan Training and Event Management.
    Hasil requirement pada personnel development berasal dari perbandingan antara requirement pada pekerjaan dan kualifikasi karyawan yang ada sekarang. Informasi yang dibutuhkan disimpan dalam profil.
  1. Training and Event Management
    Training and Event Management merupakan komponen yang terintegrasi dan mendukung perencanaan, ekseskusi dan mengatur pelatihan karyawan.
  1. Time Management
    Komponen Time Management mendukung anda pada proses yang berhubungan dengan perencanaan, pencatatan dan valuasi kehadiran karyawan dan waktu absen.
  1. Appraisals
    Fungsi appraisal pada Personnel Development mendukung anda dalam proses penilaian . Tidak hanya digunakan untuk penilaian karyawan saja, tetapi juga untuk business event atau bahkan karyawan online atau survey pelanggan.
  1. Payroll
    Secara umum, payroll (penggajian) berhubungan dengan perhitungan remunerasi setiap karyawan berdasarkan pekerjaan yang telah ia lakukan. Secara spesifik, meliputi sekumpulan proses, seperti pembuatan hasil gaji dan slip gaji, transfer bank, dan pengecekan pembayaran. Prosesnya termasuk beberapa aktivitas lainnya, seperti mentransfer hasil ke mySAP ERP.
  1. Personnel Cost Planning
    Tahap yang terakhir adalah Personnel Cost Planning. Personnel Cost Planning mencakup proses bisnis yang dapat mencapai lebih dari batas departemen dan aplikasi. Informasi mengenai pembayaran dapat diperoleh melalui berbagai sumber untuk membuat personnel cost plans. Sebagai contoh, hasil dari penggajian dapat digunakan sebagai data untuk personnel cost planning.

Reference

SAP. (2006). SAP01:SAP Fundamental Participant Handbook. Germany: SAP AG.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close