People Innovation Excellence
 

Pentingnya Pengolahan Big Data Dalam Dunia Bisnis

Pertama, mari kita mulai dengan definisi Big Data. Big Data berarti kumpulan data terstruktur dan tidak terstruktur yang sangat besar dan kompleks sehingga teknik pemrosesan data yang biasa tidak bekerja dalam menangani kumpulan data ini. Teknologi ini berfokus untuk menemukan benang tersembunyi, tren, atau pola dari tumpukan data perusahaan. Ini merupakan informasi penting yang dapat membuka peluang baru. Alasan utama penggunaan Big Data ini adalah untuk Menemukan keunggulan kompetitif, mempengaruhi performa bisnis, dan memacu tumbuhnya inovasi dan perbaikan Umumnya, di industri, model 3V digunakan untuk menggambarkan Big Data yaitu 3V; Volume, Velocity dan Variation.

Volume berhubungan dengan bagaimana data disimpan. Bisnis mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti transaksi penjualan dan media sosial dan menyimpan data terus menerus ini menjadi masalah di masa lalu. Saat ini, teknologi data yang besar membuat data penyimpanan menjadi lebih mudah. Velocity adalah singkatan dari data real time. Data yang dialirkan secara real time harus segera ditangani. Akhirnya, Variation mengacu pada format data yang berbeda seperti teks, video, gambar dan audio. Bisnis harus bisa mengatur dan menyimpan data dalam semua format.

Berikut adalah alasan kenapa Big Data sangat penting bagi perusahaan di era modern ini:

  1. Memahami kondisi pasar
    Menganalisis data yang bagus membantu memahami kondisi pasar saat ini. Sebagai contoh; Dengan menganalisa perilaku pembelian konsumen, perusahaan bisa mengetahui produk yang paling banyak terjual dan menghasilkan produk masa depan sesuai tren ini. Alhasil, bisa lebih maju dari pesaingnya.

  1. Memahami pelanggan dengan lebih baik
    Perusahaan dapat lebih memahami pelanggan mereka dengan bantuan analisis data yang hebat. Hal ini dapat memprediksi apa yang diinginkan pelanggan terlebih dahulu dan memberi mereka layanan yang lebih baik selain produk yang lebih baik. Selain itu, Perusahaan dapat meminimalkan keluhan pelanggan dengan mudah menggunakan Big Data Tools, dimana ini dapat secara otomatis mendeteksi komentar negatif di media sosial. Akibatnya, Anda bisa langsung bertindak.

  1. Kontrol reputasi online Anda
    Big Data Tools dapat melakukan analisis sentimen. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan lebih banyak umpan balik tentang siapa yang memberikan respon tentang perusahaan Anda. Jika Anda ingin memantau dan meningkatkan kehadiran bisnis Anda secara online, Big Data Tools adalah alat yang harus dimiliki untuk perusahaan anda.

  1. Penghematan Biaya
    Menerapkan Big Data Tools mungkin mahal di awal namun pada akhirnya menghemat banyak uang. Big Data Tools mengurangi beban staf IT, karena sistem real time. Karena itu, Anda bisa menggunakan sumber daya ini di tempat lain. Selain itu, menyimpan data dalam jumlah besar jauh lebih mudah menggunakan teknologi Big Data Tools yang lebih penting, data yang Anda simpan akan akurat karena Big Data Tools telah sangat mengurangi risiko data yang tidak akurat.

Sumber:

Why Big Data is Important for Businesses

https://www.quora.com/Why-do-people-think-big-data-is-so-important


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close